DaerahEks Keresidenan Madiun

Rutan Kelas II B Ponorogo Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkotika

BeritaNasional.ID, Ponorogo – Perang terhadap peredaran narkoba terutama di lingkup warga binaan menjadi salah satu komitmen Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ponorogo.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Rutan Kelas II B tersebut yang selalu sigap dan berhasil menggagalkan modus penyelundupan serbuk putih yang diduga narkoba yang dikemas dalam botol shampo.

Kepala Rutan Ponorogo, Arya Galung mengatakan bahwa upaya penyelundupan narkotika itu dilakukan pada Jum’at kemarin sekitar pukul 11.45 WIB. Aksi ini bermula saat dua pengunjung berinisial SR (25) dan DP (19) menitipkan barang dan makanan yang akan diberikan kepada warga binaan lain.

“Di Rutan Ponorogo, sesuai protap yang ada, seluruh barang dan makanan dari pengunjung diperiksa terlebih dahulu dengan teliti oleh Petugas Pintu Utama (P2U). Nah, pada saat barang dan makanan melewati penggeledahan petugas tersebut, ada benda yang tidak wajar dan pengunjung tersebut terlihat gelisah,” kata Arya Galung kepada awak media, Sabtu (7/11/2020).

Lebih lanjut, Arya memaparkan, saat tiga petugas P2U yang bertugas saat itu melakukan penggeledahan terhadap pengunjung dan barang bawaan. Kecurigaan petugas tertuju pada botol shampo ukuran besar yang isinya agak keras. Kemudian, petugas membuka paksa botol shampo tersebut dan akhirnya didapati serbuk putih di dalam botol yang diduga narkoba.

“Setelah mendapati serbuk yang diduga narkoba, petugas kami langsung mengamankan kedua orang tersebut. Dan diketahui, kedua pengunjung, baik SR maupun DP ternyata residivis yang sering keluar masuk Rutan Ponorogo dengan kasus obat terlarang,” paparnya.

Selanjutnya, pihak Rutan Ponorogo berkoordinasi dengan Satresnarkoba Polres Ponorogo guna menyerahkan SR dan DP beserta barang buktinya untuk pengembangan lebih lanjut.

“Kedua pengunjung tersebut selanjutnya kami serahkan sepenuhnya ke Satresnarkoba Polres Ponorogo sebagai mitra strategis kami di bidang pemberantasan narkotika guna penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya. (ns/is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button