Metro

Akibat Pandemi Covid-19, Nilai Rapor Siswa SMPN I Kota Jantho Anjlok

BeritaNasional.Id, Aceh Besar– Efek buruk dari Pandemi Covid-19 yang melanda dunia di tahun 2020 ini, memang sangat mengiriskan. Semua bidang berdampak bro-brok tak terkecuali pendidikan pun ikut merasakan pengaruhnya, meski sejumlah sistem pembelajaran telah dilakukan.

Sekolah SMPN 1 Kota Jantho, yang notabennya sebagai sekolah unggul tingkat Pendidikan menengah pertama di Pusat Ibu Kota Aceh Besar, Kota Jantho, merasakan hal tersebut. Khusus di semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 ini terjadi sejumlah kemunduran dari sisi kualitas siswa. Sebagaimana yang terjadi pada nilai yang diperoleh para siswa mulai kelai 7 hingga kelas 9, hampir seluruhnya menurun.

Kepala SMPN 1 KotaJantho, Iskandar, S.Pd, kepada media ini mengatakan ada sejumlah kendala yang mempengaruhi nilai para siswa anjlok pada semister ini. Seperti menurunnya semangat belajar siswa-siswi akibat terlalu lama libur di awal pandemi, kurang efektifnya sistem belajar-mengajar dan bahkan akibat kurangnya  fasilitas yang dimiliki siswa untuk belajar daring.

“Bila dilihat dari nilai siswa dapat disebutkan anjlok pada semister ini, namun semua ini kita sadari bersama pengaruh ancaman pandemi covid-19 berpengaruh besar bagi semua sektor, tidak terkecuali sekolah sekalipun,” kata Iskandar, usai menutup pertemuan dengan para Wali murid di lingkungan SMPN 1 Kota Jantho, Aceh Besar, Sabtu (19/12).

Pada kesempatan tersebut, Iskandar juga mengimbau agar dukungan keluarga kepada anak anak dalam rangka mengawasi dan memantau aktivitas anak selama masa bersekolah dapat ditingkatkan ke depan.

“Terkadang masih ada siswa yang masuknya hanya pada saat ujian saja, maka dukungan dari keluarga sangat kami harapkan,” ujar Iskandar.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Aceh Besar juga merupakan salah satu daerah yang terjangkit covid-19, bahkan pada 15 hari pertama di bulan April seluruh aktivitas pemerintahan termasuk sekolah sempat diliburkan.

Sejalan dengan perkembangan membaiknya kondisi, saat ini hampir seluruh sektor sudah kembali berjalan lancar, meski prokes Covid-19 masih menjadi persyaratan utama dalam setiap kegiatan keramaian yang dilaksanakan. (Alan)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button