Jawa Tengah

Sosialisasi Protokol Kesehatan Tetap Diterapkan Selama Operasi Lilin 2020 di Kabupaten Tegal

BeritaNasional.ID, Tegal – Dalam rangka persiapan pengamanan momen perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Tegal menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2020 di Halaman Mapolres Tegal, Senin (21/12/2020).

Apel dipimpin oleh Bupati Tegal Umi Azizah selaku Kepala Daerah. Turut hadir Kapolres Tegal AKBP M. Iqbal Simatupang, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Plh Kasdim Kapten Arh Asep Koswara, Para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Tegal.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Bupati, disampaikan bahwa operasi gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di masa pandemi Covid-19, baik aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait diantaranya Pemerintah Daerah, TNI dan mitra kamtibmas lainnya.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun ditempat – tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian, peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan lalu lintas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Oleh karena itu, Penyelenggaraan operasi lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari terhitung mulai 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan dengan aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Polres Tegal menggandeng TNI dari Kodim 0712/Tegal dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal.

Sejumlah personil gabungan akan ditempatkan dibeberapa pos untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan lalu lintas serta pos pelayanan dipusat keramaian sekaligus sebagai upaya preventif dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar mengatakan, TNI dan Polri hadir mewakili negara dalam rangka membuat rasa aman dan nyaman.

Sosialisasi juga terus dilakukan dengan memberikan arahan – arahan tentang kamtibmas serta himbauan kepada warga masyarakat tentang protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta Menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

“Intinya kami TNI – Polri siap bahu-membahu dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman dalam perayaan Natal dan Tahun Baru seperti maklumat dari pimpinan kita. Sekali lagi kita ingatkan pandemi ini belum berakhir maka dari itu mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan salah satunya hindari kerumunan” jelas Dandim.

Setelah apel pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan pos-pos yang berada di wilayah Kabupaten Tegal.*

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button