Metro

Achmad Lamani: Peningkatan SDM Mendorong Pengembangan Pariwisata

BERITANASONAL.ID, MUNA BARAT – Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara, Achmad Lamani mengungkapkan jika pembangunan dan pengembangan pariwisata di Mubar tidak hanya mendorong infrastruktur, namun juga upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi para pelaku industri pariwisata.

“Sarana ataupun infrastruktur seperti hotel dan lainnya itu nomor dua, yang harus disiapkan yakni kesiapan SDM dalam menerima wisatawan yang datang berkunjung di Mubar,” ujar Achmad Lamani, Rabu (15/12/2021).

Dikatakannya, upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM itu dilakukan dengan cara melaksanakan pembinaan ataupun pelatihan kepada mereka soal pengelolaan tempat wisata.

“Saya meminta kepada jajaran untuk mengundang praktisi untuk membantu meningkatkan SDM dalam mengelola tempat wisata,” ucapnya.

Lanjutnya, kesiapan SDM baik kesiapan masyarakat lokal juga perlu menjadi perhatian pemerintah dalam menerima kedatangan wisatawan dari luar daerah.

“Jika mereka sudah siap, mereka akan merasa nyaman dan tidak terganggu saat wisatawan datang berkunjung ke Muna Barat,” tuturnya.

Perlu diketahui, kata Achmad Lamani, meyakini bahwa tempat atau objek wisata yang ada di Mubar seperti di Pulau Gala, Pulau Indo, Pantai Pajala ataupun tradisi Pogiraha Adhara, pasti akan dirindukan oleh wisatawan.

“Saya yakin suatu saat masyarakat baik dari Provinsi Sulawesi Tenggara dan juga luar provinsi akan tertarik untuk berkunjung ke Muna Barat,” tutupnya. (LM Sacril)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button