MetroNasionalRagam

AJI Imbau Awak Media Jaga Kerahasiaan Identitas Pesien Corona

BeritaNasional.ID, Jakarta– Aliansi Jurnalis Independen ( AJI) Jakarta mengimbau media massa menjaga kerahasiaan identitas pasien dan keluarga korban yang positif terjangkit virus corona.

“Kami menyerukan media menjaga kerahasiaan identitas pasien dan keluarganya, misal nama lengkap dan alamat, guna menghindari kepanikan massal,” kata Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani melalui keterangan tertulis, Senin (2/3/2020).

 Terhadap perusahaan media, AJI Jakarta mengingatkan agar membekali jurnalis dengan alat yang memadai saat meliput wabah virus corona. Asnil mengatakan, kesehatan dan keselamatan jurnalis harus diperhatikan sesuai Undang- Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Perusahaan media wajib membekali alat kesehatan bagi jurnalis yang meliput perihal Covid-19,” ujar dia.

Menurut Jokowi, dua warga negara Indonesia (WNI) tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Warga Jepang itu terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Tim Kemenkes pun melakukan penelusuran.

“Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020). (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button