SUMUT

Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024

BeritaNasional.ID, Binjai – Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP yang diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Dr. Harimin Tarigan, S.SiT., S.IP., MH.MM., mengikuti acara Peluncuran Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2023-2024 secara virtual di Ruang Sekretaris Daerah Kota Binjai, Selasa (20/12).
Turut hadir Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Meidy Yusri dan Kabag Perekonomian Setdako Binjai Andi Affandi.
Penerapan Reformasi Birokrasi (RB) Tematik Menerjemahkan Arahan Presiden Joko Widodo antara lain  pertama RB Pengentasan Kemiskinan yakni tata kelola birokrasi agar besarnya anggaran kemiskinan berdampak optimal penurunan angka kemiskinan. Peluncuran pilot project untuk RB Pengentasan Kemiskinan pada 3 provinsi dan 9 kabupaten/kota telah dilaksanakan pada 21 oktober 2022.
Kedua RB Peningkatan Investasi yakni Reformasi Birokrasi Memperkuat Penerapan Omnibus Law untuk meningkatkan Competitiveness Index dan melipatgandakan investasi. Dukungan terhadap kemudahan investasi menjadi indeks reformasi birokrasi bagi Kementerian/Lembaga/Pemda.
Ketiga RB Digitalisasi Administrasi Pemerintahan yakni terciptanya birokrasi tangkas dan pelayanan publik berbasis digital untuk memudahkan rakyat yang berbasis struktur digital, budaya digital, dan kompetensi digital pada birokrasi.
Keempat RB Percepatan Prioritas Aktual Presiden yakni penguatan tata kelola birokrasi dalam merespons dan mengawal hal-hal mendesak sesuai arahan Presiden, sehingga dapat memitigasi risiko yang berdampak serius pada masyarakat.
Contohnya dalam hal penanganan inflasi ataupun melakukan belanja produk dalam negeri melalui e-katalog. (bay)
Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button