Alternatif Menghadapi Lebaran, Warga Ikuti Program Menabung Sampah

42 total views, 6 views today

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Program menabung tidak selalu berlaku hanya bagi orang-orang mampu dan berduit. Mereka yang tidak punya uang pun, masih bisa menjalankan program menabung, yakni dengan menabung sampah. Hal ini merupakan program pemerintah untuk ikut mengentaskan kemiskinan dengan nama Program Keluarga Harapan (PKH).

Salah satu daerah yang telah melaksanakan program ini di antaranya Desa Parijatah kulon, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur. Hingga saat ini, PKH di Desa Parijatah Kulon telah berjalan 2 bulan.

Pendamping PKH Desa Parijatah Kulon, Ika Musfika Sari menyatakan, untuk mengikuti program itu, warga diminta untuk mengumpulkan sampah di rumahnya masing-masing. Setiap bulannya akan dilaksanakan kegiatan PKH di halaman balai desa.

“Jadi pada saat kegiatan, mereka diharap membawa sampah-sampah berupa rosokan yang bisa didaur ulang, yang mereka kumpulkan selama satu bulan. Selanjutnya ditimbang dan dihargai. Harga itulah nantinya yang ditulis dalam buku tabungannya,” katanya, Kamis (11/1/18).

Pelaksanaan program menabung sampah tersebut bertujuan untuk tabungan hari raya. Sehingga setiap mendekati hari raya, mereka bisa mencairkan tabungannya. Mereka akan bisa terbantu dalam menghadapi perayaan hari besar Islam tersebut.

Ika yang juga menjadi pendamping program PKH Desa Rejoagung dan Bagorejo mengaku, pihaknya saat ini juga diminta untuk mendampingi program PKH Desa Parijatah Wetan. “Sampai saat ini masih dalam proses. Kami sudah diberi data untuk terjun ke bawah. Dan sebelumnya kami akan melakukan validasi dan kami pilah-pilah, mana yang mampu dan mana yang tidak mampu. Dan yang tidak mampu itulah nanti yang akan kami masukkan dalam program PKH,” tambahnya.

Sementara warga RT 3 RW 1 Dusun Kertosono, Desa Parijatah Kulon, Priyatin dan Musinah mengaku senang dengan pelaksanaan program menabung sampah tersebut. Mereka yang hanya memiliki uang pas-pasan, masih bisa menabung.

“Saya sangat senang, karena ini kreatif. Sehingga, setiap kali kami keluar dan menemukan apapun di jalan, seperti botol Aqua atau yang lainnya, selalu kami bawa pulang dan simpan. Setelah satu bulan kami tabungkan dan uangnya bisa kami ambil menjelang lebaran,” katanya. (Apong)

Caption : Warga Parijatah Kulon Srono rame-rame jalankan program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dengan nama Program Keluarga Harapan (PKH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *