AdvedtorialRagam

ANDRI SINGKARRU GANDENG KOMUNITAS PEMUDA TUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA

POLMAN – Dengan disahkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM membawa angin segar bagi dunia Wirausaha (Enterpreneur). Meski dalam kurung waktu 10 tahun bergulirnya aturan ini sejumlah orang menilai belum memberikan dampak Signifikan terhadap lahirnya Wirausahawan baru khususnya dari kalangan pemuda di Sulawesi Barat.

Menyikapi itu salah satu Wirausahawan muda asal Kabupaten Polewali Mandar, ANDRI PRAYOGA PUTRA SINGKARRU, M.Sc yang merintis Usaha dibidang perbengkelan Otomotif dan Bisnis Online mencoba memberikan perhatian.

Menurut Alumni Fakultas Kewirausahaan Bournemuoth University (Inggris) Tahun 2016 ini, hal paling terpenting sebenarnya dalam pengembangan UMKM ini adalah bagaimana menumbuhkan minat daripada para pelaku usaha, setelah itu baru kita melangkah ke hal-hal yang sifatnya tekhnis.

Lebih lanjut ANDRI memaparkan bahwa, Undang-Undang ini, auranya adalah Pemberdayaan, dimana esensi dari pemberdayaan itu adalah unsur penciptaan iklim usaha serta pembinaan dan pengembangan.

Penciptaan iklim usaha merupakan refleksi tugas Pemerintah yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kebijakan, peraturan dan perundangan yang mengarahkan untuk mengatasi permasalahan eksternal yang dihadapi UMKM dan memfasilitasi terbukanya peluang berusaha secara berkeadilan.

Pada undang-undang ini penciptaan iklim usaha mencakup aspek pendanaan, sarana dan prasarana, informasi usaha, perijinan usaha, kesempatan berusaha, promosi dagang dan dukungan kelembagaan.

Sedangkan pembinaan dan pengembangan usaha merupakan upaya yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah bersama dunia usaha dan masyarakat.

Pengembangan usaha terhadap UMKM yang dilakukan dengan partisipasi dunia usaha dan masyarakat itu, sejatinya berdimensi luas menyangkut bidang fungsi bisnis atau usaha, yaitu: produksi, pemasaran, sumber daya manusia dan teknologi.

“Sulbar ini kaya akan sumber daya alam, tinggal bagaimana kita dapat memanfaatkan sumber daya alam ini dengan baik. Pengelolaan SDA tentunya harus didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan kualitatif, olehnya itu Kami fokus dulu untuk meningkatkan SDM khususnya para pemuda dengan harapan bahwa pemuda Sulbar nantinya punya kualitas dan berdaya saing dalam mengelola SDA yang melimpah ini.” Kata ANDRI PRAYOGA PUTRA SINGKARRU, M.Sc.

Lebih lanjut dia katakan, kini kami menggandeng Komunitas pemuda (SMILE COMMUNITY) guna memberikan penyuluhan terkait Enterpreneur (Kewirausahaan ) kepada kelompok pemuda, kami tumbuhkan dulu minat berwirausahanya setelah itu tentunya akan bekali dengan strategi bisnis yang baik dan Kedepannya kami berkomitment untuk memberikan penyuluhan kepada kelompok pemuda lainnya.

Terkait aspek pendanaan Insyaa ALLAH jika kami nantinya diberikan Kesempatan menjadi Wakil Sulbar (Anggota DPD RI Wakil Sulbar) tentunya kami akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Sulbar ini dengan menggandeng pihak-pihak terkait diantaranya Kemenkop UKM dan investor baik Investor lokal maupun investor Asing , tutup ANDRI yang juga Calon Anggota DPD RI Dapil Sulbar ini.

Laporan : Sukriwandi

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close