DaerahLangkatRagamSumatera UtaraSUMUT

Anggota DPR RI Djohar Arifin, Hadiri Halalbihalal Zuriat Ahli Waris Sultan Musa Muazzam Shah

BeritaNasional.ID, LANGKAT SUMUT – Sekitar 400 orang dari keluarga besar zuriat ahli waris Sultan Musa Muazzam Shah, dan kedatukan menggelar acara Halalbihalal di Aula STAI-JM Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut, Minggu (14/5/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Aggota MPR RI/Anggota DPR RI Komisi X, Prof. Dr. Ir. H. Djohar Arifin Husin, Plt Bupati Langkat yang diwakili Muhammad Nawawi, S. STP, MAP, yang juga sebagai Camat Tanjung Pura.

Djohar Arifin Husin dalam kata sambutannya mengatakan, acara halalbihal ini sangat baik dan sukses dilakasanakan. Ini terlaksana berkat kerja para tengku-tengku. Dan acara seperti ini, tidaklah disini saja nantinya, karena acara silaturahmi sangat baik.

Petemuan silaturahmi para zuriat ini merupakan yang ke dua kalinya, setelah pertemuan para zuriat-zuriat ahli waris Sultan Musa Muazzam Shah dibulan Sya’ban lalu, yakni di Aula Tengku Rizal Nurdin-Medan, kemarin.

Djohar mengatakan, pertemuan ini sangat baik, dan biar diketahui masyarakat kami. Biar masyarakat mengetahui bahwa ke-zuriatan Sultan Musa Muazzam Shah itu ada. Biar masyarakat merasa bangga, ada kebanggaan kami, ada zuriat kami, ada kepemimpin kami.

Kita tau kedatokan-datokan Langkat sangat luas, sangat kuat dan sangat kaya. kita memiliki 5 kejuruan, ada Kejuruan Bahorok, Kejuruan Selesai, Kejuruan Punggai, Kejuruan Bingai, Kejuruan Stabat. Ini dipimpin oleh para tengku-tengku hebat keturunan zuriat.

Kita juga memiliki kedatokan-kedatokan, ada Datok Canggang, Datok Hinai, Datok Cempa, Datok Padang Tualang, Datok Pantai Cermin, Datok Besitang, Datok Pulau Kampai, Datok Lepan. Ini semua masih ada datok-datoknya, karena mereka ini satu datok satu zuriat. Hendaklah silaturahmi seperti ini sering dilakukan, harapnya.

Secara terpisah, Tenggku Onny Razifah Hafas, selaku Zuriat Tengku Mahmud (Zuriat Tengku Abdul Azis) yang dikonfirmasi awak media ini, terkait apa tujuan dilaksanakannya halalbihalal ini? Pihaknya mengatakan, kegiatan untuk menyatukan para zuriat yang ada ini bisa bersatu. Biar saling kenal mengenal lebih dekat dan dapat berislaturahmi sesama zuriat.

Tengku Onny beharap, kepada pemerintah, kita ini zuriat sanggup menjalankan program perimerintah, seperti menjaga situs-situs sejarah, dan menjaga pemerintah yang ada.

“Halalbihalal menjadikan persaudaraan zuriat Kesultanan Langkat semakin erat,” Ungkapnya.

Ketua panitia halalbihalal zuriat ahli waris Sultan Musa Muazzam Shah, Tengku Fizar Taus Mirzar, ketika ditanya ada berapa orang yang hadir pada kegiatan acara ini? Pihaknya mengatakan, ada berkisar 400 orang yang hadir. “Ini acara silaturahmi-halalbihalal, dan tidak ada unsur politik,” ungkapnya.

Turut hadir diacara tersebut, diantaranya zuriat Tengku H .Sulung Muhammad Syarif, zuriat Tengku Umar Umayyah, Zuriat T Hamzah,  Zuriat Tengku Abdul Azis (Zuriat Tengku Mahmud).

Usai kegiagan halalbihalal, para zuriat melakukan rapat internal sesama zuriat-zuriat. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button