DaerahEks Keresidenan Madiun

Anggota DPR-RI Ibnu Multazam Gelar Safari Gemarikan di Ponorogo

Beritanasional.ID, Ponorogo – Guna meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Ponorogo, Anggota DPR-RI Fraksi PKB Dapil VII Jatim Drs. H. Ibnu Multazam bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menggelar acara Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makanan Ikan), bertempat di balai desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo, Rabu (21/04/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR-RI F-FKB Drs. H. Ibnu Mulatazam, Dirjend Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Direktur Pemasaran, Mahmud, S.P. MSC, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo H. Andi Susetyo, M. MA, Forkopimka Sukorejo, Koordinator BPP Pertanian Sukorejo, Kades Sidorejo beserta perangkat dan perwakilan warga.

Pada kesempatan ini pihaknya juga membagikan 500 paket produk olahan ikan untuk dapat dikonsumsi langsung diantaranya, tahu tuna, stik lele, abon lele, kerupuk lele, tahu tuna, ikan gurami, ikan lele, serta brosur berisi edukasi.

“Sosialisasi Gemarikan ini kita adakan karena tingkat konsumsi ikan di Ponorogo saat ini masih tergolong rendah, yakni kisaran 25,5 kg perkapita,” ujar Ibnu Multazam.

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi ini nantinya bisa meningkatkan tingkat konsumsi ikan bagi masyarakat Ponorogo. Karena secara nasional, angka rata-rata dalam mengkonsumsi ikan sebanyak 55,5 kg perkapita.

“Kita juga berharap, dengan safari gemarikan ini, bisa terjalin sinergitas antara pembudidaya ikan dan pengolah ikan bisa menyatu,” imbuh Legislator Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Dirinya yakin, kedepan nantinya bisa merubah acara-acara resmi atau acara lainnya dimasyarakat yang biasanya mengkonsumsi daging dan ayam bisa beralih dengan mengkonsumsi ikan, untuk menambah keaneka ragam konsumsi.

“Yang jelas, kandungan nutrisi pada ikan ini sangat tinggi sehingga bisa juga mengurangi angka stunting di Kabupaten Ponorogo. Dimana dalam ikan terkandung zat diantaranya protein, kalsium, Zn, Magnesium dan Omega 3 yang sangat diperlukan oleh tubuh kita,” pungkasnya. (ns)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button