DaerahJawa TimurSitubondo

Anggota Satpolairud Polres Situbondo Kawal Ritual Petik Laut

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Satpolairud Polres Situbondo melaksanakan pengamanan tradisi petik laut di pantai Dusun Mimbo, Desa Sumberanyar Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Kamis (25/07/2024).

Petik laut merupakan kegiatan tradisi yang dilaksanakan oleh para nelayan untuk memohon limpahan rejeki dari Allah SWT dengan cara melakukan selamatan laut melarung kepala sapi.

Kapolres Situbondo AKBP Rezi Darmawan, S.I.K, M.I.K melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa, S.H, M.H menjelakan bahwa kegiatan tradisi petik laut mempunyai kerawanan saat Larung sesaji ke tengah laut, sehingga perlu penjagaan dari Satpolairud Polres Situbondo.

“Kebiasaan warga nelayan setelah bitek di lepas ditengah laut masyarakat langsung ikut terjun ke laut untuk mengambil sesaji yang dilarung kemudian di taruh di kapal atau perahunya masing masing yang digunakan sebagai sarama atau jimat untuk menangkap ikan,” jelas AKP Gede.

Yang dimonitor, kata AKP Gede, saat masyarakat nelayan terjun ke laut berebutan sesaji yang dilarung, dikawatirkan ada yang tenggelam atau keram dan lainnya. “Untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat, maka personil Satpolairud dikerahkan untuk pengawalan prosesi larung sesaji di tengah laut tersebut,” terangnya.

Selain itu, Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa juga menghimbau kepada para nelayan untuk selalu waspada dengan cuaca, karena menurut BMKG terdapat anomali cuaca yang suatu saat bisa berubah baik kecepatan angin atau gelombang yang dapat menimbulkan kendala saat menangkap ikan.

“Selain melakukan pengamanann prosesi larung sesaji di tengah laut, personil Satpolairud juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada nelayan agar tetap mengutamakan keselamatan saat mengikuti acara petik laut termasuk memperhatikan kondisi cuaca saat melepas sesaji ke tengah laut,”pungkas AKP Gede. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button