TNI Dan Polri

Antisipasi Karhutla, Dandim Polmas Ajak Komunitas Trail Patroli Wilayah

image_pdf

Polman.Sulbar.Beritanasional.Id- Antisipasi kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letkol Arh Hari Purnomo,S.Hub.Int.,M.Han ajak komunitas trail AIM Track sasar wilayah Teritorialnya Minggu (22/9/2019).

Puluhan motor trail turut mendampingi Dandim menyusuri 8 kecamatan diantaranya Kecamatan Wonomulyo, Mapilli, Campalagian, Balanipa, limboro, Alu, Tutar dan luyo yang ditempuh selama 2 hari perjaanan.

Tidak hanya Komunitas Trail, Patroli tersebut turut diikuti pejabat Pemda Polman, Kapolsek Matangga Iptu Andi Radi, Danramil Tinambung Kapten Inf Syarifuddin.

Sekira Pkl 18.15 Wita rombongan patroli tiba di hutan Bambu Kecamatan Alu dan bermalam di lokasi wisata alam tersebut.

Dandim 1402/Polmas Letkol Arh Hari Purnomo, S.Hub.Int.,M.Han mengatakan bahwa kegiatan patroli ini untuk melihat langsung wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas sekaligus menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.

“Pencegahan kebakaran hutan melalui himbauan dan pemasangan banner merupakan kegiatan awal yang paling penting dalam pengendalian kebakaran dan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan secara terus-menerus,” Jelas Lulusan Akademi Militer Tahun 2000 itu.

Penyebab Kebakaran Hutan dan lahan di Indonesia umumnya (99,9%) disebabkan oleh manusia, baik disengaja maupun akibat kelalaiannya Sedangkan sisanya (0,1%) adalah karena alam

Bencana kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan serius yang haru s dicegah bersama-sama, Kebakaran hutan di Indonesia pada saat ini dapat dipandang sebagai peristiwa nasional.

“Hal ini disebabkan karena dampak dari kebakaran hutan sudah menjalar ke negara-negara tetangga,”Tandasnya.

Laporan: Zaenal

Show More

Related Articles

Back to top button
Close