Jawa Tengah

Atasi Kekeringan, Pemkab Malang Perbanyak Sumur Bor

BeritaNasional.ID, Malang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berencana akan memperbanyak pembangunan sumur bor, itu dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang ada di Kabupaten Malang bagian selatan.

Data yang terhimpun, setidaknya ada tiga sumur bor yang telah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Malang, HM Sanusi baru-baru ini.

Yaitu Sumur Bor Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare yang dibangun bekerjasama dengan Baitul Mal Hidayatullah atau BMH.Sumur Bor Desa Sawahan, Kecamatan Turen dan Sumur Bor Desa Rembun, Kecamatan Dampit. Kesemua sumur bor ini berada di Malang bagian Selatan.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan, pembangunan sumur bor terus diupayakan Pemkab Malang untuk mengatasi kekeringan di Malang Selatan.karena di wilayah tersebut lumayan tandus.

“Dengan adanya sumur bor ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah kekeringan khususnya di wilayah Malang Selatan,” ujarnya, Selasa (15/09/2020).

Pembangunan sumur bor dilakukan secara sinergi antara Pemkab Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan sertab dengan berbagai pihak. Mengingat pemerintah tidak bisa melakukan pembangunan secara sendirian.

Senada dengan apa yang di ucapkan oleh Direktur utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten malang,bahwah wilayah selatan memang perlu mendapat perhatian terutama di bidang air.

“Perlu di ketahui bahwah Kabupaten Malang memiliki wilayah sangat luas. Sehingga dibutuhkan atau pelaksanaan membangun sumur bor, khususnya di bagian Malang Selatan itu bentuk kepedulian serta hasil survey yang betul-betul menunjukkan bahwa di areal selatan sangat membutuhkan air, apalagi di musim kering,” kata Syamsul.

Lanjut dia, Pemkab Malang melalui dinas terkait juga terus berupaya memperbanyak sumur bor seperti dilakukan Perumda Tirta Kanjuruhan, Dinas Pengairan serta Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan atau DTPHP. (Hamzah)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close