DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Atasi Lonjakan Penumpang Mudik, KSOP Panarukan Situbondo Datangkan Kapal Latih Bung Tomo

BeritaNasional.ID ,  SITUBONDO JATIM – Untuk mengurai lonjakan penumpang yang akan mudik ke Kepulaan Madura dan sekitarnya, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Herland Aprilyanto bekerjasama dengan Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya mendatangkan kapal latih Bung Tomo, untuk mengangkut penumpang mudik gratis di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Minggu (16/4/2023).

Heru Widada, Direktur Politeknik Pelayaran Surabaya kepada BeritaNasional.ID mengatakan, bantuan kapal latih untuk mengangkut para pemudik di Pelabuhan Jangkar ini merupakan bentuk sinergitas antara Poltekpel Surabaya dengan KSOP kelas IV Panarukan Situbondo dalam mengantisipasi lonjakan pemudik.

“Kami diperintahkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Badan Pemberdayaan Sumber Daya Perhubungan serta Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk membantu memperlancar arus mudik dari Pelabuhan Jangkar menuju Kepulaan Sapudi,” jelas Heru.

Lebih lanjut Heru Widada mengatakan, untuk membantu kelancaran mudik gratis, pihaknya menurunkan kapal latih Bung Tomo untuk mengangkut 144 penumpang yang akan mudik ke Sapudi. “Dalam membantu dan memperlancar arus mudik ini, kami bekerjasama dengan Kepala KSOP Kelas IV Panarukan Situbondo,” tutur Heru.

Heru Widada berharap perjalanan mudik dengan Kapal Latih Bung Tomo ini bisa berlangsung aman, nyaman dan tiba di tempat tujuan dengan selamat serta berkesan.

Sementara itu, Herland Aprilyanto Kepala KSOP kelas IV Panarukan Situbondo mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H semakin hari lonjakan penumpang di Pelabuhan Jangkar semakin meningkat, khususnya penumpang yang akan mudik ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep.

“Untuk mengantisipasi tumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar kita mengajukan bantuan kapal Masa Lembu dan penambahan 12 trip kapal Ferry atau Roro. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga akan turun untuk membantu atau mengurai tumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar menuju ke Pulau Raas,” tegas Herland Apriyanto.

Herland lebih jauh menjelaskan , sesuai data dan prediksi penumpang yang akan mudik hingga H-1 Idul Fitri diperkirakan masih ada calon penumpang kapal Ferry 5000 hingga 6000 penumpang. “Insya Allah, mudik melalui Pelabuhan penyeberangan Jangkar akan berlangsung aman dan lancar,” pungkasnya. (Heru/BeritaNasional.ID)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button