Daerah

Bandara Mbay NTT Dibangun Tahun Depan

BeritaNasional.ID-Kupang,- Publik di wilayah Kabupaten Nagekeo mendapat kabar gembira tentang perkembangan rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) Surabaya II Mbay.

Bappelitbangda Nagekeo melaporkan, melalui Zoom Meeting di Aula VIP Kantor Bupati Nagekeo Senin (6/9), Tim Kajian dari PT. LAPI Institut Teknologi Bandung (ITB) mempresentasekan hasil kajian (Laporan Pendahuluan).

Agar Sahabat mengetahui, Bandara Surabaya II-Mbay (2500 meter) rencananya akan dibangun pada 2022 nanti untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Nagekeo, tulis Bappelitbang Nagekeo di akun Facebook.

Sementara itu, Yoachim Purwanto Goawona, pilot maskapai Garuda Airlines (Captain pesawat A330), menyampaikan bahwa Flores menjadi sentral bagi propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kawasan Indonesia Timur, bahkan Indonesia dalam konteks pengembangan industri penerbangan (aviation).

Yoachim menilai pemerintah pusat dan pemerintah daerah propinsi (Pemprov) dan pemerintah daerah (Pemda) Nagekeo sudah on the track, mempersiapkan pengembangan bandara internasional di Mbay, Nagekeo, Flores.

Plt. Dinas Perhubungan Nagekeo Efraim Muga ketika diwawancarai mengatakan, pemkab sudah mengamankan tanah bandara yang sudah disertifikat seluas 49.9 hektar. Pemkab butuh sekitar 20 hektar lagi untuk penambahan Runway. Dokumen berupa masterplan dan sertifikat sudah dipersiapkan untuk dibahas dengan Kementerian Perhubungan. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button