BanjirDaerahJawa TimurRagam

Banjir Susulan di Desa Sempol Bondowoso Intensitasnya Lebih Kecil

BeritaNasional.id-BONDOWOSO JAWA TIMUR, Sekitar Jam 13.05 WIB terjadi banjir susulan di Desa Sempol dan Kalisat, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Namun, intensitasnya banjirnya lebih kecil jika dibandingkan dengan banjir malam harinya. Banjir susulan berlangsung sekitar 30 menit. Sehingga tidak membahayakan masyarakat, Senin (13/2/2023).

Keterangan yang disampaikan Mahfud, warga sekitar menjelaskan banjir susulan tersebut, intensitasnya kecil sehingga tidak mebahayakan warga sekitar. Mungkin hanya sisa-sisa air dari banjir pertama. “Banjir susulan yang terjadi sekitar Jam 13.05 WIB, tidak begitu membahayakan, karena intensitas kecil dan hanya berlangsung 30 menit saja,” jelas Mahfud.

Dari beberapa desa di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, sambung Mahfud, hanya ada dua yang paling terdampak banjir bandang, yaitu Desa Sempol dan Desa Kalisat. Akibat banjir itu, ada 83 rumah milik warga yang terendam lumpur dengan ketinggian kurang lebih satu meter. “Warga kedua desa ini, tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharganya, lantaran kejadian banjir tersebut sangat cepat,” jelasnya.

Banjir bandang ini, kata Mahfud, tidak hanya merusak rumah penduduk, tapi juga fasilitas umum, seperti sekolah, madrasah dan mushalla juga terdampak banjir bandang yang membawa matrial lumpur. “Banjir lumpur dari pegunungan Ijen yang terjadi tadi malam langsung menerjang Desa Sempol dan Kalisat. Banjir bercampur lumpur dan kayu diperkirakan berlangsung sekitar 1 jam,” pungkas Mahfud.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button