Daerah

Bank Sampah Malang Asri Gencar Lakukan Sosisialisasi Door To Door

BeritaNasional. ID, Magetan – Keseriusan pengelolaan sampah rumah tangga melalui sistem bank sampah ditunjukkan oleh pengurus Bank Sampah Malang Asri, Desa malang, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Sosialisasikan terus digalakkan di tengah masyarakat untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga yang sering terabaikan selama ini.

Pengurus Bank Sampah Malang Asri bersama Karang Taruna Krida Muda Kencana Desa Malang, Kecamatan Maospati mengumpulkan sampah dan sosialisasi secara door to door. Minggu (16/8/2020).

Bermodalkan timbangan, karung bekas dan gerobak dorong mereka menyisir masing – masing rumah warga mulai RT 1, RT 2 dan RT 3, Desa Malang.

Direktur Bank Sampah Malang Asri, Dwi Nuryani mengatakan, sampah merupakan masalah lingkungan, namun bila pengelolaan sampah dilakukan dengan cara yang benar, sampah bukan lagi masalah tapi menjadi berkah buat masyarakat.

“Bank Sampah Malang Asri sebagai upaya untuk membenahi dan memperbaiki sistem pengelolaan sampah yang dilakukan warga Desa Malang. Sebagai pilot project kita jalankan di RW 001 yang membawahi 3 Rt yaitu RT 1 sampai RT 3” Ucapnya.

Nury sapaan akrab Direktur Bank Sampah Malang Asri Menjelaskan, “Setiap sampah yang dikumpulkan dari nasabah Bank Sampah Malang Asri akan dicatat dalam buku tabungan, dan buku besar bank Sampah. Setiap tahun menjelang lebaran tabungan sampah akan dibongkar, nasabah akan diberikan beberapa jenis sembako sesuai nominal tabungan mereka.” Jelasnya.

Walaupun sebagai pilot project di RW 001, namun apabila warga Desa Malang yang lain ingin menjadi nasabah Bank Sampah Malang Asri, Nury mempersilahkan untuk warga menyetor ke sekretariat Bang Sampah.

“Silahkan Warga Desa Malang yang diluar RW 001 untuk menyetor ke sekretariat Bank Sampah Malang Asri, Kami buka setiap hari Minggu mulai jam 08.00 sampai 12.00,” pungkasnya.(is)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close