Daerah

Bantuan JPS Mulai Disalurkan Pemda Buteng

BeritaNasional.ID, Buton Tengah – Dinas Sosial Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mulai hari ini, menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS), kepada 1,111 warga kelurahan se Kabupaten Buteng. Penyaluran tersebut akan digilir disetiap kecamatan dengan besaran bantuan 900 ribu per Kepala Keluarga (KK).

H. Konstatinus Bukide, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Tengah mengatakan angka penerima manfaat tersebut, telah disesuaikan dengan besaran anggaran yang diporsikan Pemda Buteng yakni 1 miliar.

“Datanya berdasarkan pada hasil ferivikasi yang dilakukan oleh pihak Kelurahan, Kecamatan dan Dinas Sosial, sebenarnya totalnya secara keseluruhan itu 1.932 KK, tetapi kemampuan anggaran hanya mengakomodir 1,111 orang saja, jadi sisanya tinggal 821 KK,” jelasnya saat dikonfirmasi sejumlah media usai menyalurkan bantuan JPS kepada Warga Kelurahan di Kantor Camara Mawasangka, Kamis (10/9/2020)

Konstatinus meminta msytakat tidak usah cemas, sebanyak 821 KK yang belum menerima hari ini, rencananya akan diterimakan setelah perubahan anggaran nanti, sebab Pemda Buteng mendapatkan suntikan dana, yakni Dana Insetif Daerah (DID) sebesar 15,9 miliar dari Pusat, disebabkan pelaporan anggran Covid 19 Pemda Buton Tengah dinilai cukup bagus.

“Jadi bisa ditangani dari dana ini, karena dan ini digunakan untuk penanganan Covid 19. Jadi sebelum akhir tahun semuanya sudah akan diterimakan,” jelasnya.

Selain dana ini bisa meringankan sedikit beban keluarga, lanjut Bukide juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk ketahanan rumah tangga. Tidak di belikan batang barang yang tidak bermanfaat.

“Jangan langsung dibelikan HP, tapi harapannya dapat dibelanjakan untuk keperluan rumah tangga, selanjutnya, jangan terprovokasi dengan isu diluar, sebab Pemda Buteng selalu berusaha untuk kebaikan masyarakat dan semuanya,” pungkasnya.

Berdasarkan data, yang dimiliki dinas sosial, terdapat tambahan, jumlah penerima manfaat di Kecamatan Mawasangka sendiri yakni 242 KK dengan rincian Kelurahan Mawasangka 126 orang dan Watolo 116.(Dzabur)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button