Wajo

Gelar Pengawasan Daerah, Dirangkaikan dengan Pemberian Penghargaan OPD

BeritaNasional.ID,Wajo-Bupati Wajo, H. Amran Mahmud membuka secara resmi Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 yang dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam evaluasi LAKIP.

Gelar Pengawsan 2020 berlangsung di ruang pola, Kantor Bupati Wajo, Rabu,9/9/2020 mengangkat tema “Sinergitas Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Perangkat Daerah Dalam Mengawasi dan Mengelolah Keuangan Negara dan Daerah.

Inspektur Daerah Kabupaten Wajo, Saktiar, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Daerah Kabupaten Wajo dalam mendorong optimalisasi peran aparat. Di mana kegiatan pengawasan internal pemerintah tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Adapun Tujuannya untuk meningkatkan kinerja pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta evaluasi terhadap hasil pengawasan yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dan perbaikan tata kelola pemerintahan di masa yang akan datang,”jelas Saktiar

Menurutnya, saat ini memang diperlukan adanya sinergitas antara unsur pengawasan melalui aparat intern pemerintah (APIP) dan aparat penegak hukum (APH) yang dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan agar bisa mengawal pembangunan dan pemerintahan. Khususnya terkait pengaduan masyarakat yang melaporkan adanya deteksi melakukan tindak pidana korupsi.

“Tugas APIP ini melaksanakan pengawasan intern di lingkungan pemerintah yang terdiri dari Inspektorat se-Sulsel, dan jika ada laporan indikasi korupsi maka diserahkan ke APH untuk melakukan pembinaan dan menyelidiki lebih lanjut,”jelasnya.

Olehnya dirinya berharap, dengan dilakukannya gelar pengawasan daerah ini dapat meningkatkan sinergi pemerintah daerah, inspektorat dan aparat hukum agar dapat mengawal setiap kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sementara, Bupati Wajo, H.Amran Mahmud mengatakan, inspektorat memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengawasan, sehingga mengapresiasi kegiatan seperti ini sangat baik untuk meningkatkan kinerja pengawasan pemerintah daerah dan sebagai bahan evaluasi untuk lebih baik lagi dalam hal pengawasan.

“Salah satu tugas Inspektorat daerah yakni sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang berperan sebagai quality assurance yaitu menjamin suatu kegiatan berjalan secara efisien, dan efektif sesuai aturan,”ucapnya.

“Sehingga kita berharap ini akan menjadi lini terdepan dalam mendorong terwujudnya peran APIP dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Wajo,” jelasnya.

Di tempat yang sama, perwakilan BPK RI Sulsel, mengungkapkan tujuan kegiatan ini yakni tersosialisasinya kebijakan pengawasan untuk tata kelola yag baik, akselasarasi tindak lanjut atas temuan pengawas pemerintah, mendorong sinergitas unsur pengawasan APIP dan kepolisian serta kejaksaan.(erni)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button