AdvedtorialPolitik

Bawaslu Provinsi Gorontalo Ajak Warga Ikut Awasi Tahapan Pilkada 2024

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo Moh Fadjri Arsyad menyatakan bahwa pengawasan partisipatif menjadi kunci penting dalam memastikan proses demokrasi berjalan sesuai dengan aturan dan norma yang telah ditetapkan. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Partisipatif dan Launching Pemetaan Kerawanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo Tahun 2024 yang digelar di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin (12/8/2024).

Fadjri menerangkan bahwa Pemilu dan Pilkada adalah salah satu pilar utama dalam sistem demokrasi. Karena melalui pemilu dan pilkada, hak suara rakyat terwujud dalam bentuk pemilihan pemimpin yang akan membawa arah pembangunan daerah ini.

“Oleh karena itu, Bawaslu memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu dilaksanakan dengan integritas tinggi, bebas dari praktik-praktik yang dapat merusak esensi demokrasi itu sendiri,” ujarnya.

Fadjri juga berharap melalui rapat koordinasi ini, sinergi antara semua pihak yang terlibat dalam pengawasan pemilu dapat semakin kuat. Mengingat partisipasi masyarakat dalam mengawal proses pemilu sangatlah vital.

“Oleh karena itu, kami mengajak semua elemen masyarakat untuk proaktif dalam melaporkan setiap indikasi pelanggaran yang terjadi di lapangan. Keterlibatan masyarakat akan sangat membantu Bawaslu dalam menjalankan tugasnya dengan lebih efektif,” tandasnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button