GorontaloPolitik

Bawaslu Provinsi Gorontalo Libatkan Perempuan dan Pemilih Pemula Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Keterlibatan stakeholder diantaranya kaum perempuan dan pemilih pemula menjadi penting untuk mewujudkan pemilu tahun 2024 berjalan dengan kondusif.

Hal ini dikatakan oleh Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo Ahmad Abdullah saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada Organisasi Perempuan dan Pemilih Pemula Dalam Rangka Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak tahun 2024 yang digelar di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Jum’at (4/11/2022).

“Keterlibatan perempuan dan pemilih pemula dalam pengawasan pemilu menjadi penting untuk mewujudkan pemilu yang kondusif,”kata Ahmad.

Dikatakan Ahmad bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dan pemilih pemula dalam pengawasan pemilu untuk mewujudkan pemilu yang bersih dan demokratis.

“Sesuai dengan amanah Undang-Undang, bahwa Bawaslu harus melibatkan masyarakat (termasuk perempuan dan pemilih pemula) dalam pengawasan Pemilu yang disebut dengan pengawasan partisipatif,”kata Ahmad.

Masih kata Ahmad, bahwa selain mendorong masyarakat melakukan pengawasan partisipatif, Bawaslu juga membentuk Forum Warga dan Saka Adhyaksa Pemilu yang berperan sebagai pengawas pemilu secara partisipatif.

“Harapannya peserta yang hadir pada forum tersebut terutama kaum perempuan dan pemilih pemula dapat memperoleh informasi dan menginisiasi kegiatan pengawasan partisipatif di lingkungannya masing-masing,”sambungnya.

Untuk diketahui, selain Ahmad Abdullah, anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo yang hadir pada kegiatan ini masing-masing Amin Abdullah dan Lismawy Ibrahim.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa perwakilan dari organisasi perempuan di Provinsi Gorontalo serta pemilih pemula yang merupakan perwakilan siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) di Provinsi Gorontalo.

Sementara pemateri dalam kegiatan ini masing-masing Dr. Lilan Dama, yang memberikan materi Peran Strategis Perempuan Mengawal Pemilu Yang Inklusi dan Berintegritas serta Eka Putera Santoso dengan materinya Pemilih Pemula, Politik Uang dan Pengawasan Pemilu Partisipatif. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button