PolitikSitubondo

Bawaslu Situbondo Gelar Apel Siaga Pengawasan dan Peluncuran Posko Kawal Hak Pilih

BeritaNasional.id – Situbondo Jawa Timur – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, Gelar Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih. Hal itu dilakukan sebagai wujud implementasi dari semangat pengawas pemilu dalam menjaga hak pilih warga negara Indonesia dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, Senin (27/2/2023).

Bentuk kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih ini akan dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Situbondo, dengan mendirikan posko secara keliling. Yang mana Posko Pengadua itu di taruh di tiap rumah para Panwaslu Kelurahan/Desanya masing masing.

“Panwaslu Kecamatan melaksanakan Posko Keliling dengan bentuk membuka Posko di Rumah Panwaslu Kelurahan/Desa masing-masing dalam rangka untuk mengakomodir aduan masyarakat tentang hak pilih pada Pemilu Serentak Tahun 2024,” Kata Murtapik, Ketua Bawaslu Situbondo, dalam sambutannya pada Apel patroli pengawasan kawal hak pilih.

Lebih lanjut, Ketua Bawaslu menambahkan, bahwa patroli pengawasan Kawal Hak Pilih akan dilaksanakan selama tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih sebanyak dua kali dalam sepekannya hingga 14 Februari 2024 mendatanh. “Patroli dilakukan untuk memastikan adanya tindak lanjut terhadap saran perbaikan atau ketidaksesuaian kinerja KPU sampai petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih),” ujarnya.

Patroli ini juga dilakukan, kata Murtapik, untuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya sejak pencocokan dan penelitian (coklit) hingga pemungutan suara.
“Patroli akan mendatangi kelompok masyarakat rentan, misalnya disabilitas dan masyarakat urban,” pungkasnya.

Pewarta :As’ad Zuhaidi Anwar
Publisher :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button