DaerahHeadlineMenuju Pemilu 2024

Bendera Kirab Pemilu 2024 Resmi Diserahkan KPU Provinsi Sulut kepada KPU Provinsi Gorontalo

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Setelah melalui perjalanan d   arat dari KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara melalui Kabupaten Gorontalo Utara menuju Kota Gorontalo, Bendera Kirab Pemilu 2024 resmi diserahkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Divisi Sosialisasi Amrain Razak kepada KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem. Selanjutnya diserahkan kepada KPU Kota Gorontalo yang diterima Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin Saleh Thaib.

Selain dihadiri KPU Provinsi Sulawesi Utara dan KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, seremoni kegiatan yang dihadiri oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Walikota Gorontalo Marten A. Taha serta Forkopimda Provinsi Gorontalo dan Forkopimda Kota Gorontalo tersebut berlangsung di depan Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo, Minggu (30/4/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri Komisioner KPU Provinsi Gorontalo dan Komisioner KPU Kota Gorontalo serta Bawaslu Provinsi Gorontalo, Bawaslu Kota Gorontalo dan Pimpinan Partai Politik Tingkat Kota Gorontalo.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Gorontalo, Sukrin Thaib, mengatakan bahwa Kirab Pemilu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pemilu dan mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam Pemilu. Sebagaimana diketahui bahwa partisipasi politik masyarakat Kota Gorontalo pada setiap Pemilu menurut Sukrin selalu melampaui angka rata-rata Nasional yakni diatas 81 persen. Hal ini disebabkan sosialisasi yang sering dilakukan serta kerjasama dan dukungan bukan hanya oleh penyelenggara Pemilu tetapi juga oleh seluruh pemangku kepentingan Pemilu.

“Partisipasi politik masyarakat Kota Gorontalo pada Pemilu tahun 2019 mencapai 81 persen. Ini bisa tercapai karena kerjasama dari seluruh pihak baik penyelenggara maupun pemangku kepentingan Pemilu,”tuturnya.

Senada, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, mengatakan bahwa Kirab Pemilu ini sangat penting untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Kami mengapresiasi inisiatif KPU Kota Gorontalo dalam mengadakan Kirab Pemilu ini, karena ini akan mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024,”ujarnya.

Untuk diketahui, perjalanan Bendera Kirab Pemilu 2024 secara estafet antar Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia telah bergulir sejak tanggal 14 Februari 2023 yang lalu dan akan berakhir di Jakarta pada tanggal 26 November 2023. Adapun Provinsi Gorontalo berada pada rute jalur V dengan titik awal Maluku Utara – Sulawesi Utara – Gorontalo – Sulawesi Tengah – Sulawesi Barat – Sulawesi Selatan – Jawa Timur – Jawa Tengah – Jawa Barat – Jakarta. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button