Daerah

Berkunjung ke Madiun, Wamendes PDTT Tinjau Potensi Porang

BeritaNasional.ID, Madiun – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi bersama Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR-RI) Hj. Sadarestu Wati melakukan kunjungan kerja di Desa Klangon dan Desa Sumberbendo dalam rangka melihat potensi porang dan melihat wisata 7 sumber mata air di kecamatan Saradan Kabupaten Madiun

Dalam kunjungan kerjanya disambut Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wiryanto di Pendopo Ronggo Djoemeno, Minggu (25/10/2020). Turut hadir mendampingi Bupati dalam acara Kunjungan kerja wakil Mentri PDT dan Anggota DPR RI, Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery dan Pimpinan OPD terkait.

Hampir seluruh penduduk Desa Klangon membudidayakan tanaman porang, karena tanaman ini memiliki nilai jual yang luar biasa. Jumlah pembudidayanya semakin bertambah dari waktu ke waktu. Lebih dari 900 petani sudah mengembangkan tanaman dan 650 hektare lahan digarap untuk tanaman ini.

Wakil Menteri Budi Arie menegaskan, umbi porang ini sudah di ekspor ke jepang, seharusnya masyarakat setempat dapat mengolah seperti orang jepang, tidak hanya dijual umbinya sehingga bisa meningkatkan nilai jual.

“Desa Klangon harus bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan turunan produk porang ini jadi jangan hanya berhenti menjual umbi porang saja, tapi harus sampai turunnya. Jepang bisa membuat beras dari porang yang sekarang malah di ekspor ke indonesia, beras ini nilai jualnya sangat tinggi karena bisa untuk diet, tak hanya itu bisa untuk bahan kosmetik dan lain sebagainya, yang jelas porang ini memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan.” tegasnya.

Sementara itu Bupati Madiun menyatakan langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemkab Madiun selain bekerja sama dengan Perum Perhutani untuk budidaya umbi porang. Pemkab juga bekerja sama dengan perusahaan yang nantinya akan mengambil umbi porang dari petani Kabupaten Madiun.

“Kita berharap harga umbi porang ini stabil sehingga ekonomi petani porang di wilayah Kabupaten Madiun meningkat, jadi jangan menjual bibit porang ini ke-luar, kita sudah patenkan bibit porang ini, kita namakan AE1 yang artinya bibit porang di kabupaten madiun ini memiliki kualitas bagus. Saya juga berterimakasih dengan perum perhutani untuk kerjasamanya bersama masyarakat untuk membudidayakan porang khususnya di desa klangon” pungkasnya

Setelahnya berkunjung di Desa Klangon Rombongan Wakil Menteri Desa PDTT dan bersama Anggota Komisi V DPR RI berkunjung ke tempat Pancuran 7 Desa Sumberbendo Kecamatan Saradan. Disana melihat keindahan alam yang berada di alas saradan dan juga melihat hasil temuan fosil Gajah yang ditemukan warga setempat.(ik/is)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button