Bone BolangoGorontaloKabar Desa

Bermodalkan Swadaya Masyarakat, Kades Mootayu Bangun Kantor Desa

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO – Seorang Kepala Desa di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, belakangan ini tengah ramai dibicarakan karena prestasinya yang berhasil membangun kantor desa yang cukup megah dengan bermodalkan dana swadaya dari masyarakat.

Dia adalah Basir Kasiaradja, Kepala Desa Mootayu, Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango. Basir Kasiaradja telah menjabat Kades selama hampir 11 tahun di dua desa yang berbeda yakni 6 tahun (1 periode) di desa Mootawa dan kini telah menjalani 5 tahun dari 6 tahun jabatan sebagai Kepala Desa Mootayu.

Diwawancarai usai peresmian kantor desanya, Basir mengaku jika seluruh dana pembangunan kantor desa murni swadaya masyarakat.

“Dana untuk membangun kantor desa ini 95 persen swadaya masyarakat,” ungkapnya kepada BeritaNasional.ID, Senin (4/9/2023).

Basir menuturkan butuh waktu lebih dari setahun tahun sejak awal tahun 2022 untuk bisa membangun kantor desa itu.

Saat ini, meski proses pembangunan kantor desa itu yang dimulai sejak tahun 2022 ini belum mencapai 100 persen tapi bangunan ini telah diresmikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bone Bolango, Suleman Panigoro.

Sekretaris DPD APDESI Provinsi Gorontalo itu berharap dengan diresmikannya pembangunan kantor desa Mootayu yang baru ini akan lebih meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di desa Mootayu.

“Harapannya kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik bisa lebih maksimal,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelum adanya bangunan kantor desa yang baru ini, Pemerintah Desa Mootayu masih menggunakan bangunan Poskesdes sebagai kantor desa.(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button