Metro

Bersama PKM Siring Betik, Pekon Sridadi Menggelar Pelaksanaan Vaksinasi

BeritaNasional.id, Tanggamus – Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus melalui Unit Pelayan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas  Siring Betik menggelar pelaksanaan
vaksinasi yang bertempat di Pekon Sridadi, Kamis (18/11/21).

Vaksinasi di laksanakan di gedung balai pekon setempat  dengan  di bantu oleh seluruh perangkat pekon dan nakes dari Puskesmas Siring Betik.

Kepala UPTD Puskesmas Siring Betik Ailawati mengatakan, pihaknya sudah 5 kali menggelar vaksinasi di pekon Sridadi, dengan sasaran 4 pekon di antaranya Pekon Sridadi, Wayliwok, Sumur Tujuh, dan Bandar Kejadian dengan target sasaran sebayak 500 orang.

”Kegiatan tersebut sengaja di gelar sebagai wujud pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus untuk percepatan vaksinasi,” ungkapnya.

Ailawati menambahkan, data warga yang sudah di vaksin di wilayah puskesmas Siring Betik  sebayak 14.382  sasaran. Untuk warga yang sudah di vaksin terhitung 14 November sudah mencapai 9.040 dosis pertama, 3.575 dosis kedua, dan 32 dosis 3.

“Kita menggelar vaksinasi di Sridadi ini merupakan kegiatan yang ke lima kalinya,dengan sasaran 500 orang di empat pekon.Diharapkan dengan di pusatkan kegiatan vaksinasi di Sridadi , tiga pekon lainnya yang berdekatan , sehingga  warga lebih dekat datang untuk vaksin.” terangnya.

Lanjutnya, dari seluruh kegiatan puskesmas Siring Betik dari tiga akun TNI, POLRI dan Dinas Kesehatan dosis pertama sebayak 9.040 orang, dosis kedua 3.575 orang dari seluruh sasaran sebayak 12.382 orang.”jelasnya.

Ailawati menerangkan ,dosis pertama lebih bayak dari dosis kedua disebabkan tiga faktor, di antaranya jarak waktu dosis pertama dan kedua membutuhkan waktu 28 hari untuk vaksin jenis sinovac dan 3 bulan untuk vaksin  jenis Astra zeneca, faktor kedua adalah proses vaksin yang lagi berjan, dan vaktor ketiga dari  beberapa orang vaksin dari luar daerah.

Suwandi Kepala Pekon Sridadi kepada Berita Nasional.id mengatakan, dengan adanya vaksinasi di gelar di pekon, minat warga yang mengikuti vaksinasi terlihat antusias , hal ini bisa dilihat dari warganya yang sudah mencapai kurang lebih 800 orang yang sudah di vaksin.

“Warga kami sudah  800 orang yang di vaksin, antusias warga kami mulai terlihat sejak adanya kegiatan vaksinasi di gelar di pekon kami.” Ungkapnya

Dia menambahkan tim covid 19 Pekon Sridadi sangat aktif untuk membantu vaksinator dari Puskesmas Siring, dari menyampailan informasi, menyiapkan sarana dan prasarana, serta  woro – woro keliling dengan menggunakan mobil ambulance.(Hardi Suprapto)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button