Eks Keresidenan Madiun

Bersih Desa Tradisi Budaya Alam Dusun Pancuran

BeritaNasional.ID, Ngawi – Tradisi sedekah bumi atau bersih desa rutin dilakukan masyarakat Dusun Pancuran Desa Pacing, Padas, yang dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono. Senin (13/02/2023)

Bersih desa dilakukan masyarakat dengan pembersihan Sendang Yuyu Rumpung bersama juru kunci yang sebelumnya juga ada ritual khusus dengan membawa dua ekor ayam berwarna putih polos dari Kepala Dusun Pancuran.

Bersih desa ini merupakan wujud syukur warga setempat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rejeki yang melimpah, yang sekaligus melestarikan budaya tradisi yang telah berjalan turun temurun

Dikatakan Ony Anwar kegiatan ini merupakan salah satu cara masyarakat melestarikan budaya. Di samping juga sebagai bentuk pelestarian alam, “Dengan upacara ini, sumber mata air bisa terjaga dan terawat dengan baik, dan nantinya bisa terus dimanfaatkan bagi masyarakat sekitarnya,” katanya.

Bupati Ngawi juga menjelaskan n Pemerintah Kabupaten Ngawi akan mendukung kegiatan positif semacam ini dan minta masyarakat di dusun ini menjaga tradisi sebagai salah satu cara melestarikan alam.

Selain Bupati Ngawi turut hadir Forkopimcam Padas, perangkat desa Pacing dan masyarakat setempat.(sat)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button