TNI Dan Polri

Birukan langitku, Hijaukan Bumiku , Polda Sulbar Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Sulbar .Beritanasional.id- Peduli lingkungan hijau, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) bekerjasama dengan seluruh instansi terkait hari ini menggelar penanaman pohon massal di berbagai titik di wilayah Kabupaten Mamuju.

Gerakan penanaman pohon ini diawali dengan pelaksanaan apel bersama di anjungan pantai manakarra dengan tema “Birukan langitku, Hijaukan Bumiku, Lestarikan Alamku”. Nampak ribuan peserta hadir dalam kegiatan tersebut dan masing-masing telah memegang bibit pohon yang akan ditanam, Jumat (10/1/20).

Tak hanya pihak TNI/Polri dan Pemerintah Daerah, para siswa siswi sekolah juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan ini.

Kegiatan apel Polri peduli penghijauan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si dihadiri Kajati, Danrem 142 Tatag, Ketua Basarnas Provinsi, Kepala BNN Sulbar, Ketua BI Sulbar, para OPD Provinsi dan Kabupaten Mamuju, para PJU Polda Sulbar, Bhayangkari, Persit dan seluruh peserta apel.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini ditandai penyerahan pohon secara simbolis kepada para perwakilan oleh Kapolda Sulbar. selain itu sebagai simbol penghijauan seluruh peserta mengkat masing-masing bibit pohon yang akan ditanam.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh Kepolisian di seluruh jajaran tanah air bekerjasama dengan instasi terkait sebagai upaya dan dukungan bersama menghijaukan Bumi Indonesia.

Penanaman bibit pohon ini akan dilaksanalan di 11 titik lokasi yaitu Kantor Korem 142 Tatag, Lantamal, Brimob, Rumkit Bhayangkara, Disepanjang Jalan Arteri, Stadion Manakarra, Pantai Tambi, Mapolda, Rujab Polda, Sekolah-Sekolah, Kantor Gubernur dan Bupati dengan jumlah 6.700 bibit pohon.

Kapolda Sulbar dalam sambutannya mengatakan semua pohon yang ditanam menjadi jodoh artinya masing-masing akan bertanggung jawab hinggi tumbuh besar dan mamfaatnya dapat dirasakan anak cucu kita kedepan.

“Apa yang kita lakukan ini adalah sumbangsih kita untuk tanah malaqbi di mamuju dalam menghijaukan lingkungan,” tutur Kapolda.

Disamping itu, Kapolda juga menyebutkan hutan dan pohon memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan kehidupan yang berlangsung di bumi. setiap tahun, satu pohon dapat menghasilkan 130 Kg Oksigen dan menyerap Gas Karbodioksida sebanyak 1 Ton, umtuk menurunkan emisi gas rumah kaca sehingga sangat membantu menurunkan pengaruh Global Warming.

Selain itu, Pohon juga bisa menjadi solusi dalam mencegah bencana alam seperti longsor, banjir dan kekeringan. menanam pohon menjadi kontribusi kita yang nyata terhadap perbaikan lingkungan.

Lanjut disebutkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di wilayah Sulbar namun di seluruh indonesia sebagai wujud kepedulian polri terhadap lingkungan yang diinisiasi oleh Kapolri Jendral Drs. Idham Aziz, M.Si.

Gerakan penanaman pohon yang sudah dilaksanakan Polda Sulbar dan jajaran sebanyak 5.365 Pohon dengan berbagai jenis dengan total luas lahan yang sudah ditanami 157.211 hektar, tutur Kapolda.

Humas Polda Sulbar

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close