SumateraSumatera Utara

Bobby Nasution & Kahiyang Ayu Kompak Berbusana Adat Mandailing di Upacara Pengibaran Bendera

BeritaNasional.ID, MEDAN SUMUT – Upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih yang digelar Pemko Medan guna memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung tertib dan penuh khidmat di Lapangan Apron Charlie Lanud Soewondo Jalan Adi Sucipto Medan, Sabtu (17/8/2024).

Wali Kota Medan Bobby Nasution yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” tersebut.

Dalam upacara yang menonjolkan keberagaman etnis di Kota Medan ini, Bobby Nasution mengenakan pakaian adat Mandailing, begitu juga dengan Kahiyang Ayu. Sementara itu Wakil Wali Kota H Aulia Rachman mengenakan pakaian adat Minang, sedangkan Pj Sekda Topan Obaja Putra Ginting mengenakan pakaian adat Melayu.

Unsur Forkopimda Kota Medan, pimpinan perangkat daerah, aparat TNI dan Polri, veteran, tokoh masyarakat serta anggota berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda serta undangan turut hadir dan mengikuti upacara tersebut.

Sebelum pengibaran bendera Sang Merah Putih oleh 42 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan perwakilan siswa dan siswi SMA terbaik di Kota Medan, Bobby Nasution lebih dahulu menyerahkan bendera kepada anggota Paskibraka pembawa baki untuk dikibarkan.

Formasi yang ditampilkan, gerakan selaras dan kompak serta suara derap langkah kaki anggota Paskibraka begitu memukau seluruh peserta upacara yang terdiri dari unsur ASN di lingkungan Pemko Medan, TNI dan Polri.

Seluruh rangkaian prosesi upacara berjalan dengan lancar, mulai dari pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Medan Hasyim SE, pembacaan UUD 1945 hingga pengibaran bendera yang dilaksanakan dengan apik oleh 42 petugas Paskibraka.

Usai upacara, Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Wakil Wali Kota, unsur Forkopimda dan Pj Sekda selanjutnya menyerahkan secara simbolis paket bingkisan kepada 10 orang perwakilan Legiun Veteran Kemerdekaan RI.

Upacara Pengibaran Sang Merah Putih ini kian meriah dengan adanya penampilan demonstrasi dari anggota TNI Angkatan Udara Lanud Soewondo dengan menampilkan atraksi tiga paramotor yang terbang melayang sembari membawa bendera Merah Putih serta spanduk bertuliskan “79 Tahun Kemerdekaan Indonesia”. Atraksi ini mendapat aplaus meriah dari seluruh peserta upacara. (Kiel/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button