Daerah

Bone Bolango Nomor 1 Penerapan ETPD Di Gorontalo, Hamim Pou : Targetnya Bisa 97 Persen

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa Kabupaten Bone Bolango saat ini menempati posisi nomor 1 dalam penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Provinsi Gorontalo.

Hal ini dikatakan Hamim Pou pada opening ceremony Digitalisasi to Bumi Hulonthalo (DOMINO) yang digelar di pelataran parkir Citimall Kota Gorontalo, Jumat (19/8/2022).

“Kabupaten Bone Bolango ini sudah sangat kreatif dan maju untuk ETPD. Kami sudah 93,3 persen dan sebentar lagi target kita bisa mencapai 97 persen. Persentase 93,3 persen penerapan ETPD ini menjadikan Kabupaten Bone Bolango menempati posisi nomor 1 di Provinsi Gorontalo,”kata Hamim.

Meski begitu Hamim mengakui untuk penerapan ETPD ini belum bisa mencapai sampai 100 persen, karena masih ada beberapa kendala di beberapa tempat.

“Masih ada beberapa kendala. Salah satunya adalah ketiadaan Base Transceiver Station (Stasiun Pemancar Dasar). Tetapi mudah-mudahan ini bisa segera dibenahi,”ujarnya

Hamim juga mengatakan bahwa penerapan ETPD ini sangat banyak manfaatnya.

“Lewat ETPD atau transaksi non tunai ini bisa menguntungkan kita semua. Mudah, cepat, murah dan semuanya transparan. Sehingga dalam bertransaksi para penjual tidak khawatir bagaimana mengembalikan sisa uang. Pembeli pun tidak khawatir uang sisanya ditukar dengan permen”terang Hamim.

Manfaat lain ETPD ini, jelas Hamim, bisa mengatasi keterbatasan uang tunai dan mengantisipasi rawan uang hilang.

Disisi lain pada kegiatan opening ceremony Digitalisasi To Bumi Hulonthalo (Domino), Bupati dua periode itu juga memperkenalkan uang ekektronik Bone Bolango atau e-Bonebol Card.

Menurut Hamim, Bone Bolango adalah satu-satunya daerah di Provinsi Gorontalo yang punya kartu uang elektronik.

“Pemerintah Daerah yang punya kartu uang elektronik di Gorontalo itu hanya Bone Bolango. Hal ini tentu memudahkan masyarakat untuk bertransaksi,”ujar Hamim.

Hamim mengatakan e-Bonebol Card merupakan terobosan Pemda Bone Bolango bekerja sama dengan beberapa Bank, di antaranya Bank Mandiri, BRI, dan BSG yang hingga saat ini sudah berjalan sangat baik.

Untuk mendukung promosi pariwisata di Bone Bolango, e-Bonebol Card sudah ada beberapa model maupun varian, dimana kartunya mempromosikan objek-objek wisata di Bone Bolango seperti Hiu Paus, Bukit Arang, Islamic Center, dan Benteng Ulantha. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button