DaerahJawa TimurSitubondo

BSN dan Anggota Komisi VI DPR RI Gelar Sosialisasi Produk SNI Untuk Pelaku UMKM di Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Sosialisasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Tingkat Daya Saing Produk UMKM dengan SNI yang dilaksanakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Anggota Komisi VI DPR RI, HM Nasim Khan dan Nasim Khan Indonesia (NKI), berlangsung sederhana namun penuh makna, Sabtu (30/03/2024).

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo ini, dihadiri kurang lebih 400 masyarakat UMKM yang datang dari wilayah Kecamatan Bungatan, Mlandingan, Suboh, Besuki, Jatibanteng, Sumbermalang dan Banyuglugur. Dalam sosialisasi ini, juga dihadiri oleh Direktur Nasim Khan Indonesia, Aurangzeb dan tamu undangan lainnya.

Sambutan yang disampaikan Adin Danarto perwakilan dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengatakan, Sosialisasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Tingkat Daya Saing Produk UMKM dengan SNI tersebut, sangat penting dilakukan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Situbondo.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia termasuk di Kabupaten Situbondo, kata Adin Danarto sudah sangat baik. “Semoga dengan dilaksanakannya Sosialisasi Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian Tingkat Daya Saing Produk UMKM dengan SNI di Kabupaten Situbondo ini, diharapkan para pelaku UMKM di Situbondo mampu bersaing,” ujarnya.

Sementara itu, HM Nasim Khan, Anggota Komisi VI DPR RI Dapil III Jatim mengatakan, tonggak perekonomian terbesar di Indonesia, yakni UMKM. “Kontribusi para pelaku UMKM di Indonesia sangat besar jika dibandingkan dengan pelaku UMKM negara-negara lain di dunia,” jelasnya.

Oleh karena itu, sambung Nasim Khan, Standar Nasional Indonesia merupakan syarat minimal dalam sebuah produk UMKM. “SNI untuk pelaku UMKM sangat penting. Salah satu keunggulan SNI bagi UMKM, yaitu bisa memberikan kemudahan dalam pengembangan usaha, dan sebagai lisensi memberikan jaminan kepada konsumen bahwa kualitas produknya sesuai dengan SNI,” tuturnya.  (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button