Daerah

Bupati Dan Wabup Jember Serukan Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Sungai merupakan kebutuhan seluruh mahluk hidup di dunia, demikian juga di Jember Jawa Timur. Baik oleh manusia, tumbuhan, maupun hewan. Bahkan juga dijadikan MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

Itulah alasan kuat yang disampaikan Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman menyerukan kepada seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan sungai.

“Saya Bupati Jember dan Gus Firjaun Wakil Bupati Jember menyerukan kepada seluruh masyarakat Jember. Ayo jaga sungai kita, jangan membuang sampah ke sungai, sungai bukan tempat sampah, sungai adalah sumber kehidupan,” ujar Bupati Hendy di sela-sela gerakan bersama membersihkan Sungai Bedadung, Kaliwates Jember, Sabtu siang 20 Juli 2024.

Bupati Hendy, sapaannya, dan Wabup Gus Frirjaun, sapaannya, menyampaikan seruan tersebut bertepatan dengan Hari Sungai Nasional 2024. Sebab kalau sungai dijadikan tempat sampah bisa menyebabkan banjir.

Dua orang pemimpin tertinggi Kabupaten Jember ini bersama warga memegang sejumlah kertas seruan. Diantaranya bertuliskan “Ayo Jaga dan Selamatkan Sungai Kita”, “Jangan Racuni Ikan dengan Sampahmu”, “Jangan Buang Sampah ke Sungai”.

Bupati Hendy menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, yang selama ini telah peduli terhadap kebersihan sungai. Ia juga menyampaikan berbagai manfaat lainnya dari sungai untuk kehidupan manusia.

Di antaranya, kata Bupati Hendy, berfungsi sebagai penampung air hujan yang menjaga lingkungan tidak terkena banjir. Sungai juga dapat menjadi sumber mata air, dan sumber kehidupan bagi para petani.

“Manfaatnya sungai banyak banget,” lanjutnya. Dalam kesempatan itu pula, Bupati dan Wabup Jember melepas bibit ikan lele ke sungai Bedadung, serta menanam pohon di sepanjang bantaran sungai. (Syamsul Arifin/Advertorial/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button