Pemkab SidrapSidrap

Bupati Dollah Mando Resmikan Pamsimas Desa Alessalewo

SIDRAP Berita Nasional. ID, — Masyarakat Desa Alessalewo Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap, kini patut berbangga, pasalnya untuk pertama kalinya Desa ini tersentuh dengan program Pamsimas.

Kebanggaan ini terlihat setelah Bupati Sidrap H. Dollah Mando meresmikan program Pamsimas yang terletah di tengah-tengah Desa Alassalewo,   Pamsimas ini merupakan air bersih yang dapat dikomsumsi oleh masyarakat.

Peresmian ini dilakukan Bupati Sidrap H. Dollah Mando sekaligus memimpin uji fungsi fasilitas Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Desa Alessalewo Kecamatan Panca Lautang, Jumat 18 Januari 2019.

Uji coba berjalan sukses dan Pamsimas Alessalewo tahun ini siap melayani air bersih bagi warga setempat.

Bupati Sidrap H Dollah Mando dalam sambutannya berharap fasilitas Pamsimas ini, bisa dimanfaatkan masyarakat. “Fasilitas ini milik bersama yang harus dimaksimalkan dan dijaga keberlanjutannya,” ungkap Dollah Mando.

Lanjut Mantan Wakil Bupati Sidrap dua periode ini mengatakan, ia mendorong kepada Desa dan Kelurahan lainnya yang belum memaksimalkan Pamsimasnya.  “Bagi Desa yang belum menjalankan Pamsimasnya bisa melirik Desa Alessalewo,”ujar Dollah Mando.

Sementara itu, Koordinator Pamsimas Kabupaten Sidrap, Muhammad Fadli, menjelaskan sebelumnya warga Alessalewo mengandalkan air bersih dari sumber sumur bor atau sumur gali.

“Kedalaman Sumur gali atau bor rata-rata hanya 20 meter, artinya masih air tanah permukaan sehingga saat musim hujan mudah tercemar dan keruh,” terang Fadli.

Untuk Pamsimas, kata Fadli, kedalaman sumurnya mencamai 80 meter atau mencapai sumber air dalam, sehingga kualitas air lebih bersih untuk digunakan warga.

Terpisah, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Bappeda, Muh Basri mengungkap selain Alessalewo, ada 3 Desa di Bumi Nene Mallomo Sidrap yang akan diresmikan Pamsimasnya.

“Ketiga Desa tersebut, antara lain DesaPasseno Kec. Baranti. Desa Sumpang Mango Kec. Pitu Riawa dan Desa Aka-akae Kec. Watang Sidenreng,” ungkap Basri.

Hadir dalam acara peresmian Pamsimas di Desa Alassalewo yakni, Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup, Hj Aryani, Kadis Pemberdayaan Masyarakat, Desa, PPA, Drs. Patahangi Nurdin, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Bappeda, Muh Basri dan Camat Panca Lautang Usman Demma. (advetorial)

Laporan : Risal Bakri
Editor   : Muhammad Yahya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button