DaerahJawa TimurOlahragaSitubondo

Bupati Situbondo Lepas Balap Sepeda Tour De Rengganis Fase II

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi MM melepas peserta Balap Sepeda Tour De Rengganis Situbondo Fase II dari halaman pendopo Aryo Situbondo, Minggu (16/06/2024).

Balap sepeda dalam rangka sosialisasi Gempur Rokok Ilegal yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Situbondo ini diikuti 236 pembalap sepeda, termasuk pembalap dari Negara Australia.

“Hari kemarin, balap sepeda yang mengambil start dari wisata Pantai Bama Taman Nasional Baluran Kecamatan Banyuputih dan finis di Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo menempuh jarak 54 kilometer,” jelas Kepala Satpol PP Situbondo, Sopan Efendi.

Sedangkan, fase kedua ini, sambung Sopan, para pembalap akan menempuh jarak 78 kilometer dari halaman pendopo kabupaten menuju ke wisata Rengganis Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

“Total peserta balap sepeda Taor De Rengganis ini di ikuti sebanya 236 peserta dari Provinsi DKI, Jabar, Bali, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Negara Australia. Kegiatan Balap Sepeda ini, dalam rangka mensosialisasikan Gempur Rokok Ilegal dan membranding obyek wisata yang ada di Kabupaten Situbondo,” tutur Kasatpol PP Kabupaten Situbondo.

Dampak dari kegiatan ini, lanjut Sopan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Situbondo. “Dengan adanya balap sepeda ini, homestay dan rumah-rumah penduduk serta hotel penuh di sewa para pembalap,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sopan menjelaskan, ada 6 kategori dalam balap sepeda ini, diantaranya kategori Men Elite, Women Open, Men Junior, Men Youth, Master A dan Master B. “Dalam lomba ini merebutkan hadiah total sebesar 120 juta,” pungkas Sopan.

Dilain pihak, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, Balap Sepeda Tour De Rengganis Situbondo Fase II ini diberangkatkan dari halaman pendopo Aryo Situbondo menuju finis di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut, Bupati Karna mengatakan, kegiatan atau event nasional maupun internasional yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, diharapkan tercatat sebagai kalender tahunan Pemkab Situbondo.

“Oleh karena itu, berbagai event yang kita lakukan ini haruslah tetap dilaksanakan secara profesional dan menjadi event tetap Pemerintah Kabupaten Situbondo. Semoga Balap Sepeda Tour De Rengganis Situbondo ini menjadi event yang terbaik bagi para pembalap nasional maupun internasional,” kata Bupati Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button