InternationalJawa TimurKemendagriNasionalSitubondo

Bupati Situbondo Menjadi Narasumber Acara Inovasi Desa Kemendagri

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, M.M., atau yang sering disebut Bung Karna menjadi narasumber dalam acara Inovasi Desa Kemendagri secara virrual. Selasa (14/02/2023).

Dalam pemaparannya secara virtual itu Bung Karna menyampaikan beberapa Inovasi Desa yang ada di Kabupaten Situbondo, sehingga Kabupaten Situbondo pernah mendapat penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri.

“Kabupaten Situbondo pernah mendapatkan dua Lencana, yaitu Lencana Bakti Pembangunan Daerah dan Lencana Bakti Desa Pertama, karena atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa sehingga seluruh desa yang ada di Kabupaten Situbondo mencapai status Berkembang, Maju, dan Mandiri, ” jelas Bung Karna.

Bahkan Bung Karna juga memaparkan bagaimana strateginya memimpin Kabupaten Situbondo sehingga menjadi salah satu daerah/Kabupaten yang inovatif.

“Strategi yang pertama komitmen Kepala daerah, perangkat daerah, pemerintah desa, masyarakat dan BPD, yang kedua perencanaan yang matang dan terukur, yang ketiga sinergitas antara Pemerintah, Pengusaha, Akademis, Komunitas dan Media (Pentahelix). Maka dari itu tercapailah langkah strategis inovasi melalui rancangan pemerintah, dan inisiatif desa/masyarakat.” Paparnya.

Dalam memimpin Situbondo, Bung Karna juga menciptakan program PLASA SITUBONDO (Sistem Peayanan Masyarakat dan Kelurahan/Desa) seperti memberikan layanan administrasi pemerintah pada Masyarakat cukup di desa menggunakan tanda tangan elektronik Camat dan Kades (bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara), dan SIPESAT (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Terpadu) seperti layanan yang awalnya di kerjakan di Kecamatan saat ini bisa langsung ke kantor Desa untuk menyelesaikan surat-surat seperti surat tidak pernah menikah / kawin.

Selain itu juga ada program PELANDUK CEPAT (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak diTempat) seperti Upaya Mendekatkan pelayanan Administrasi kependudukan langsung di Desa, dan Inovasi Layanan e-KTP keliling ke seluruh wilayah pedesaan agar mempermudah pemohon untuk mengurus e-KTP. Selain itu ada juga Inovasi SEHATI “Situbondo Sehat Gratis”.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button