Daerah

Cegah DBD, Dinkes Lakukan Fogging di Rumah Warga

BeritaNasional.ID, SITOBONDO – Untuk mencegah berkembang biaknyanya Demam Berdarah Dengue (DBD) dan memberantas nyamuk Aedes Aegypti, tim Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Situbondo melakukan fogging (pengasapan) di rumah rumah warga di Kampung Dam RT 02 RW 01, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Sabtu (18/1/20).

“Langkah pencegahan ini sebagai antisipasi berkembangnya nyamuk tersebut. Karena wilayah Kampung Dam ini ditengarai tempat endemik nyamuk demam berdarah atau nyamuk Aedes Aegypti tersebut,” kata Heriyawan, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes di sela pelaksanaan Fogging.

Dikatakan Heriyawan, fogging ini dilakukan juga untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk demam berdarah dan memberantas jintik jintik nyamuk.

“Rumah-rumah warga kita fogging agar tidak menjadi sarang nyamuk. Dan setiap ada kasus DBD, tim langsung bergerak melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk mencari tempat atau sumber perkembang biakan nyamuk aedes degypti yang menjadi penyebab DBD di sekitar lingkungan tempat tinggal penderita, setelah ditemukan tim bertugas melakukan fogging,” tuturnya.

Kepada warga, Heriyawan berpesan agar rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara gotong-royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.

“Membersihkan lingkungan tempat tinggal serta mengubur wadah yang bisa menampung air bersih, termasuk menguras bak mandi dan melakukan tindakan-tindakan kebersihan yang lainnya,” seru Heriyawan. (Sony) 

Caption : Petugas dinkes saat melakukan fogging di rumah warga

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close