Jawa Timur

Clean City, Bupati Malang Sidak TPS

BeritaNasional.ID, Malang – Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, melakukan sidak Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ke 11 titik di enam kecamatan Kabupaten Malang. Kunjungan lapangan Clean City ini dilakukan untuk meninjau secara langsung Tempat Pembuangan Sampah yang berada di enam Kecamatan di Kabupaten Malang yang meliputi Kecamatan Dau, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Singosari, Kecamatan Pakis, Kecamatan Tumpang dan Kecamatan Poncokusumo pada Jum’at, (15/07/2022).

Pada kegiatan ini Bupati Malang di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, dan Beberapa Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang. Bupati Malang bersama rombongan memulai start di Rumah Dinas Bupati Malang  di Jl. Gede Kota Malang dengan menggunakan kendaraan roda dua menuju ke 11 lokasi TPS.

11 Tempat Pembuangan Sampah itu meliputi, TPS3R Desa Mulyoagung Kecamatan Dau. TPS Desa Tegalgondo dan TPS Desa Ampelgento Kecamatan Karangploso. TPS Desa Kelampok, TPS Pasar Singosari, TPS3R Watu Gede Kecamatan Singosari. TPS Desa Sumberkeradenan, TPS Desa Kedung Rejo Kecamatan Pakis. TPS hasil clean up Desa Tulus Besar Kecamatan Tumpang. TPA Rest Area Desa Paras Kecamatan Poncokusumo.

Bupati Malang menjelaskan bahwa sidak ini dalam rangka mempersiapkan Kabupaten Malang oleh Kementrian KLKH melaunching nominasi Kota Bersih Asian (Clean City). “Tidak boleh ada sampah berserakan, sehingga nanti akan ada Perda yang mewajibkan masyarakat untuk memilah sampah dan di larang membuang sampah sembarangan dan membuang di tempatnya, dari Indonesia Bersih akan di lanjutkan menjadi Kabupaten Malang Bersih,” ujarnya.

Dari setiap TPS nantinya di haruskan memiliki pemandangan yang bersih dan setiap TPS yang menjadi pupuk kompos akan di kerjasama dengan PT Petrokimia untuk di buat menjadi Pupuk Organik sehingga sampah Organik langsung di produksi menjadi Pupuk Organik dengan berkerja sama dengan PT Petrokimia sehingga nanti persoalan sisa sampah di Kabupaten Malang tidak ada.

“Semua Kepala Desa dan Camat di Kabupaten Malang akan di undang dalam acara Launching Kota Bersih Asian untuk berprilaku bersih, karena kebersihan ini bukan kebutuhan Bupati Malang tetapi kebutuhan dan kesehatan masyarakat maka nanti persoalan sampah semua pihak bertanggung jawab. Harus semua pihak dan saya berharap masyarakat berbuat yang terbaik untuk kebersihan”, tambahnya.

Selain dalam rangka mempersiapkan Kabupaten Malang dalam Clean City kunjungan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman agar tidak ada lagi penimbunan-penimbunan sampah yang ada di TPS dan pasar. “Dengan keberpihakannya seluruh stakeholder dan jajaran OPD Kabupaten Malang bersama saya akan melakukan evaluasi, kemungkinan enam bulan sudah bisa dipastikan seluruh TPS di Kabupaten Malang akan bersih,” pungkasnya (ady)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button