Jawa TimurProbolinggo

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto Pimpin Ucapara Peringatan HUT TNI Ke 78

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto memimpin upacara dalam rangka hari ulang tahun (HUT) TNI ke 78 tahun 2023 di lapangan Makodim setempat, Kamis (5/10).

Dengan mengangkat tema TNI Patriot NKRI Mengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju turut hadir dalam upacara tersebut jajaran forum koordinasi pimpian daerah Kota/Kabupaten Probolinggo serta sejumlah tamu undangan.

Salah satu momen paling menyentuh dalam acara tersebut adalah kejutan yang diberikan oleh Forkopimda Probolinggo yang Dipimpin langsung oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa’bani, mereka memasuki Makodim Probolinggo, memberikan ucapan selamat HUT TNI, dan nasi tumpeng kepada Dandim 0820 Probolinggo. Acara yang meriah ini disaksikan dengan penuh kehangatan oleh seluruh undangan yang hadir.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto dalam arahannya mengatakan TNI hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri, untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini.

“Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan, melalui momentum ulang tahun ke-78 TNI ini mari kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh,”kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Ia menambahkan peringatan hari ulang tahun ke-78 TNI yang mengusung tema TNI patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

“TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa, mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,”ujarnya.

Perwira asal Solo ini menegaskan bahwa TNI harus terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir. Memberdayakan industri pertahanan global dengan memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri guna tercapainya postur TNI yang diharapkan.

Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman dan damai.

“Jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum,”tuturnya.

Salah satu momen paling menyentuh dalam acara tersebut adalah kejutan yang diberikan oleh Forkopimda Probolinggo yang Dipimpin langsung oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Wadi Sa’bani, mereka memasuki Makodim Probolinggo, memberikan ucapan selamat HUT TNI, dan nasi tumpeng kepada Dandim 0820 Probolinggo.

Acara yang meriah ini disaksikan dengan penuh kehangatan oleh seluruh undangan yang hadir.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button