DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Dandim 0823 Situbondo Kunjungi Kampung Pancasila di Wilayah Kecamatan Arjasa dan Jangkar

BeritaNasional.id –  SITUBONDO JAWA TIMUR – Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P melakukan kunjungan kerja ke Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Jangkar dan Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Rabu (16/3/2022).

Kehadiran Dandim 0823 Situbondo di Kampung Pancasila Dusun Dawuhan, Desa Banyeman, Kecamatan Arjasa dan Kampung Beringin, RT.002/RW.002, Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo ini, menjadi penyemangat masyarakat yang tinggal atau bermukim di Kampung Pancasila yang di bentuk Kodim 0823 Situbondo.

Dalam kunjungan di Kampung Pancasila di Dusun Dawuhan, Desa Banyeman, Kecamatan Arjasa tersebut, kedatangan Dandim Situbondo disambut 30 orang masyarakat dengan penanggung jawab kegiatan Danramil 0823/09 Jangkar, Kapten Inf Sunaryo.

Sedangkan, kunjunganya di Kampung Pancasila di Beringin, RT.002/RW.002, Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, disambut oleh Danramil 0823/09 Jangkar, Kapten Inf Sunaryo beserta anggotanya, Kanit Binmas Polsek Jangkar, Iptu H. Mohammad Arief, Camat Jangkar beserta Staf, Sekdes Jangkar, Kepala Dusun Beringin, Pelopor Kampung Pancasila, Kawilker Syahbandar Jangkar, Pos Kamla TNI AL Jangkar, Kopka Supriyadi dan Kopda Mar Fendos, Kepala PKM Jangkar, para tokoh agama dan Tokoh Masyarakat Desa Jangkar.

Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina, S.I.P dalam pengarahannya, mengucapkan terima kasih kepada Forkopimka dan seluruh para undangan yang telah mendukung terbentuknya Kampung Pancasila yang diprakarsai oleh Kodim 0823 Situbondo.

“Saya ingin menegaskan dan mengingatkan kembali maksud dan tujuan dibentuknya dan dilombakan Kampung Pancasila ini. Pencanangan Kampung Pancasila ini, merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman,” jelas Dandim Neggy.

Harapannya, sambung Dandim Situbondo, dengan dibentuknya Kampung Pancasila ini akan bisa meningkatkan kerukunan dan sikap toleransi antar umat beragama, melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, menciptakan kerukunan terhadap umat beragama, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama dan mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya.

Dengan hadirnya Kampung Pancasila ini, kata Dandim Situbondo, sangat berpeluang untuk membentuk Kampung Kampung Pansila ke desa-desa lain di sekitar wilayah Kecamatan Jangkar. “Dengan berdirinya Kampung Pancasila, maka pencegahan paham radikalisme dan intoleransi bisa terwujud,” tuturnya.

Pembentukan Kampung Pancasila ini. Imbuh Dandim Situbondo, merupakan bentuk perlindungan negara terhadap jiwa nasionalisme, bela negara serta cinta tanah air bagi generasi muda penerus bangsa. “Ditengah serbuan informasi digitalisasi saat ini, maka benteng bagi generasi muda penerus bangsa yakni kembali kepada pengamalan Pancasila,” pungkas Dandim Situbondo.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button