Soppeng

Deklarasi dan Dialog Pemuda Aktif Pilkada Digelar di Aula Kantor DPRD Soppeng

BeritaNasional.ID, Soppeng – Deklarasi dan dialog pemuda aktif Pilkada digelar di Aula Kantor DPRD Kabupaten Soppeng. Rabu, 28 Oktober 2020.

Kegiatan itu mengangkat tema “Harmonisasi Semangat dan Peran Pemuda dalam Menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda”.

Wakili Pemerintah Kabupaten Soppeng, Asisten Administrasi Umum Setda, Drs. A. Fitratuddin, M.Si. menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para Pemuda Aktif Soppeng atas terselenggaranya acara ini dalam rangka menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-92 Tahun 2020.

“Kegiatan ini terlaksana dengan harapan dapat mengintropeksi diri serta melahirkan generasi muda cinta tanah air dan selalu menghargai jasa para pahlawan yang dituangkan dalam suatu kegiatan untuk melahirkan generasi muda yang bertanggung jawab dan menghargai sesama,”ucapnya.

Selain itu ia katakan bahwa pemuda adalah calon pemimpin bangsa harus mampu memahami dan mendalami secara mendalam tentang makna sumpah pemuda,, dimana melalui peringatan sumpah pemuda selalu memicu semangat dan inovasi baru untuk melahirkan bangsa Indonesia yang lebih baik, sejahtera lahir dan batin. Untuk itu, sebagai potensi kekuatan bangsa maka pemuda Indonesia harus senantiasa berdedikasi pada kemajuan sebagaimanaTema Peringatan Tahun ini yaitu harmonisasi semarak dan peran pemuda dlm menyemarakkan hari sumpah pemuda.

Namun kata A. Fitratuddin, bagi kita yang berada pada usia kematangan dan kedewasaan, tugas kita adalah bagaimana mempersiapkan dan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa kepada kaum muda tanpa melihat suku, agama, rasa dan etnis sebagai bagian dari proses regenerasi kepemimpinan.

“Disamping itu kami sebagai Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih atas apresiasi pemuda atas partisipasi yang sangat antusias menyelenggarakan acara ini, maka setiap pemuda atau kaum muda mari selalu melihat ruang dn peluang yang sama untuk berperang secara nyata pada segala aspek pembangunan. oleh karena itu, potensi generasi pemuda perlu terus didorong, dikembangkan dan diarahkan sehingga menjadi sumber daya manusia yang handal, berkarakter dan memiliki daya saing serta siap memajukan pembangunan bangsa,”lanjutnya.

Sementara Muhammad Sumitro, SE Selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kab. Soppeng dalam sambutannya mengatakan dalam sumpah pemuda dimana isinya bahwa Pemuda itu berikrar, bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu. Adapun nilai yang terkandung disini adalah suatu hal yang apabila dimaknai begitu mendalam dimana nilai yang ada didalamnya terdiri dari nilai-nilai luhur, patriotisme, persatuan, berbangsa satu dan bhineka tunggal ika. Maka sewajarnya kita sebagai pemuda, momentum ini dapat menginspirasi kita mendorong pemuda bangkit untuk menjadi lebih baik kedepannya.

“Peran pemuda sangat strategis untuk terlibat dalam mensukseskan dan menciptakan Pilkada yang sehat di bulan Desember yang akan datang, sehingga pemuda diharapkan harus kritis, logis, cerdas. Pemuda pada pilkada dapat berperan sebagai penyelenggara, pengawas pilkada dan dapat mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilkada, tidak hanya itu pemuda juga diharapkan dapat menggiling opini-opini yang sehat kepada masyarakat luas untuk menciptakan demokrasi yang sehat, damai dan kondusif,”jelasnya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan diantaranya Donor Darah, Dialog Pemuda dan Deklarasi Pemuda Aktif Pilkada.

Adapun yang menjadi Narasumber pada acara ini yaitu Syamsuddin, S.S, M.Si (anggota DPRD Kab. Soppeng), Muhammad Hasbi, S.Sos, M.Si ( Ketua KPU Kab. Soppeng ), WINARDI, S.Sos ( Ketua Bawaslu Kab. Soppeng ), IPDA Asep Sibli (KBO Sat Binmas Polres Soppeng), Awal Miftah Ridha, S.IP (Ketua DPD KNPI Kab. Soppeng).

Turut hadir Ketua DPRD Kab. Soppeng, Kapolres Soppeng, para Insan pers, para Ketua Organisasi Pemuda se Kab. Soppeng.(red)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button