ACEH

Desa Bantayan Aceh Utara Raih Juara

BeritaNasional.ID | NTB – Prestasi membanggakan kembali diraih salah satu Desa di Kabupaten Aceh Utara, dalam bidang pariwisata. Desa Bantayan, Kecamatan Seunuddon dinyatakan sebagai peserta yang berhasil meraih juara pertama tingkat nasional sebagai Desa Tematik bidang ekonomi, Katagori Desa Berkembang dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa-PDTT RI) ini diikuti sebanyak 2.007 desa wisata di seluruh Indonesia.

Keberhasilan Desa Bantayan meraih prestasi tersebut karena sukses mengembangkan pariwisata, khususnya di destinasi wisata yang terkenal, yakni Pantai Bantayan.

Hasil dari ajang yang digelar Kementerian Desa-PDTT itu diketahui saat pelaksanaan Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara yang digelar di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (24/11) malam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM-PPKB) Kabupaten Aceh Utara, Fakhruradhi,SH MH, saat dikonfirmasi, Sabtu (25/11) menuturkan, keberhasilan Desa Bantayan dalam ajang nasional tidak terlepas dari upaya semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, hingga pemerintah desa maupun pengelola wisata itu sendiri.

“Tentu ini sangat membanggakan, karena dari 2.007 peserta lomba Desa Wisata Nusantara tahun ini dan melalui proses yang ketat, alhamdulillah Aceh Utara melalui Desa Bantayan berhasil meraih peringkat ke-12,” tuturnya.

Penghargaan dan hadiah kepada seluruh desa yang berhasil meraih prestasi di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2023 tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar yang diterima oleh Kepala Desa Bantayan, Fadzal Amri yang didampingi Ketua Pok Darwis, Eddy Amri.

Pada kesempatan itu, Gus Menteri panggilan akrab Menteri Desa.PDTT-RI tersebut juga menyerahkan Penghargaan kepada Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar MSi dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM-PPKB) Kabupaten Aceh Utara, Fakhruradhi,SH MH, sebagai Bupati yang berkomitmen membina dan memfasilitasi desa wisata didaerahnya.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button