BanjirDaerahJawa TimurRagam

Desa Sempol Ijen Bondowoso Dilanda Banjir Bandang

Bondowoso Jawa Timur-BeritaNasional.id, Akibat diguyur hujan deras yang melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso menyebabkan banjir bandang. Banjir bandang yang direkam video amatir yang dikirim warga setempat ke sejumlah Media Sosial (Medsos), membawa material lumpur hingga rancak kayu, Minggu (12/2/2023) malam ini.

Mendapat informasi banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar), Polres, dan TNI, langsung meluncur ke lokasi banjir untuk melakukan penanganan.

Informasi yang berhasil dihimpun media melalui sambungan telephon seluler masyarakat setempat menjelaskan bahwa, banjir terjadi mulai sekitar jam 18.25 WIB hingga malam ini. Bencana alam ini terjadi, setelah Desa Sempol diguyur hujan cukup lama. “hujan deras yang melanda Desa Sempol sejak sore sehingga terjadi banjir dan listrik padam.

Keterangan yang disampaikan Camat Ijen Ferry Hadi ketika ketika dimintai komentar media ini melalui handphone-nya, membenarkan jika terjadi banjir bandang di Desa Sempol. “Ini saya sedang dalam perjalanan menunju Sempol. Saya belum bisa memberi keterangan yang rinci,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah melalui HP-nya, Sekretaris BPBD Bondowoso, Kristanto Putro Prasojo, juga membenarkan terjadinya peristiwa bencana alam banjir di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. “Tim Reaksi Cepat (TRC) sedang menuju lokasi banjir dan kita masih belum bisa merinci dampak kerugian dari banjir tersebut,” kata Kris, panggilan akrabnya.

Sampai berita ini dionlinekan, belum ada penjelasan resmi dari pihak terkait tentang penyebab terjadinya banjir bandang ini dan apakah ada korban orang, hewan, rumah, dan lain-lain masih belum ada penjelasan resmi dari pihak yang berkompeten.

Sekedar mengingatkan, di Desa Sempol Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso juga pernah terjadi banjir bandang pada tahun 2020 lalu. Waktu itu ketinggian air mencapai 60 sentimeter. Banjir menerjang permukiman warga.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button