Daerah

Di Kalibaru Ada Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari

Wisata Sambil Nyruput Kopi

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Agenda launching Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari pada Minggu, 29 Desember 2019, benar benar dipersiapkan drngan matang demi sukses bersama. Bahkan tak kurang jajaran Forpimka Kalibaru bersama Manager PTPN XII Malangsari, Sanuri, Manager PTPN XII Jatirono, Dwi Hariyono beserta kades jajaran se wilayah Kecamatan Kalibaru menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi demi suksesnya agenda tersebut.

Seusai rapat, Camat Kalibaru, Ahmad Nuril Falah menjelaskan, Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari dimaksud sebagai tindaklanjut dari launching ekspor kopi lanang Malangsari, dimana saat itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengusulkan kepada Dirut PTPN XII agar event tersebut dipertahankan menjadi tempat wisata.

“Akhirnya saya dan Bapak Manager PTPN XII Malangsari menindaklanjuti dengan membuat acara ini. Dan ini juga sudah disetujui pimpinan PTPN XII serta sudah diberi lampu hijau oleh bapak bupati,” terang Camat Nuril, panggilan akrab camat yang pernah menjabat sebagai Kasatpol PP Banyuwangi ini.

Kemudian, lanjut Camat Nuril, dia berpengharapan kepada bupati, Dirut PTPN XII dan semua stakeholder serta seluruh elemen yang terlibat agar acara yang digelar bisa terwujud dengan sukses.

“Sehingga Kalibaru akan punya tempat wisata, dimana tempat wisata ini kita beri nama “Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari”. Karena memang PTPN XII Malangsari ini memproduksi kopi lanang, makanya ikon kopi lanang ini lah yang kita tonjolkan,” ungkapnya.

Dikatakan Camat Nuril, di acara launching Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari ini, sesuai informasi dari protokoler Pemkab Banyuwangi, ada kemungkinan Menteri BUMN akan hadir.

“Kalau nggak menteri BUMN ya Menteri UKM. Karena ini ada rencana hendak ke Banyuwangi. Makanya jika benar, mau akan diajak ke Kalibaru sekaligus untuk meresmikan Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari. Mudah mudahan beliau ada waktu dan sehat, karena ini akan menjadi kebanggaan masyarakat Kalibaru jika benar beliau berkenan hadir,” ujarnya.

Selaku pemangku wilayah di Kecamatan Kalibaru, Nuril berharap penuh agar Pasar Kuliner Kopi Lanang Malangsari menjadi tempat wisata baru. Dengan adanya wisata tersebut, Nuril optimis Kalibaru juga akan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Banyuwangi dengan ciri khas kopi lanang.

“Sehingga yang berkunjung ke sini bisa menikmati kopi lanang produk Kebun Malangsari dengan kualitas ekspor,. Yang kedua akan meningkatkan ekonomi lokal dengan memberdayakan UKM, sehingga akan tumbuh pergerakan ekonomi baru selain dari proses kebun. Ketiga bisa membuka informasi dan pengetahuan masyarakat kebun, yang proses selanjutnya masyarakat kebun bakal melek IT dan akan lebih tahu banyak hal tentang dunia di luar kebun,” pungkas Camat Nuril. (red)

Caption : Camat Kalibaru, Ahmad Nuril Falah

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close