Daerah

Dialun-alunpun Pemkab Jember Layani Pembuatan Akta Kelahiran

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kebupaten Jember tetap konsisten memberikan pelayanan di hari libur. Seperti pada Minggu pagi 21 Juli 2024.

Seperti biasanya, layanan ini diberikan di Alun-alun Jember. Kali ini layanan ramai dimanfaatkan oleh warga yang mengikuti jalan sehat. Seperti Samsul Hadi Hidayat. Warga Kecamatan Umbulsari ini mengikuti jalan sehat sambil mengurus akta kelahiran anaknya yang kedua.

Samsul mendapatkan informasi ada layanan di Alun-alun Jember melalui media sosial facebook milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember.

Begitu tahu ada layanan di Alun-alun Jember, Samsul segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk syarat pembuatan akta kelahiran anaknya. Berangkat sekira pukul 05.30 karena rumahnya jauh.

“Samapi di alun-alun jam setengah enam, karena jarak dari rumah ke alun-alun jauh. Alhamdulillah, sampai sini setelah setor berkasnya dan proses akta cepat jadi,” ujar Samsul.

“Samsul mengaku sambil ikut acara jalan sehat. Sambil menunggu akta kelahiran diproses oleh petugas Disdukcapil, saya ikut aja jalan sehat tipis-tipis, akta kelahiran anak saya sudah selesai,” pungkas Samsul.

Sementara itu Nurlaili Agustin, warga Kecamatan Panti, juga mendapatkan informasi dari facebook milik Disdukcapil Jember. Awalnya dia hanya ingin mengecek apakah Kartu Keluarganya sudah pecah karena cerai.

Setelah tanya ke petugas, KK-nya sudah pecah. Namun alamatnya masih belum terevisi. Saat itu juga ia melakukan revisi. “Awalnya saya mau cek KK saya. Saya cek di sini, ternyata sudah selesai, tapi alamatnya masih yang lama,” terang Titin.

Titin merasa terbantu karena cukup melalui layanan keliling dia bisa mengubah data alamat tanpa perlu ke Kantor Kecamatan. Ia mengaku hanya bisa mengurus adminduknya saat hari libur saja.

“Alhamdulillah diberi keringan, tadi bisa di urus di sini, karena kan saya kalau hari kerja tidak bisa kemana-mana ngurus anak. Sedangkan kantor pelayanan kalau libur tutup. Jadi ini sangat membantu saya,” pungkas Titin. (Syamsul Arifin/Advertorial/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button