Hukum & Kriminal

Diduga Komplotan Pencuri Ternak, Polisi Amankan Tiga pelaku dan 12 Ekor Ternak

Beritanasional.Id, Kota Jantho– Polisi Resor Aceh Besar, sejak Senin sore kemarin hingga Selasa dini hari telah mengamankan sebanyak 3 orang warga di dua kecamatan. Karena diduga sebagai komplotan pencurian ternak di wilayah tersebut selama ini.

Yakni AT (38) dan ZA (22) warga Gampong Lamteh Daya, Suka Makmur dan S (50) warga Gampong Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Aceh Besar. Penangkapan ketiga pelaku tidak mendapat perlawanan namun, S sempat berusaha kabur, tapi atas kelihaian petugas Polsek Samahani, tersangka perhasil diringkus.

Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yudha, SIK, M.Si, melalui Kapolsek Kuta Malaka, IPTU Alven, SE, MM mengatakan Penagkapan terhadap ketiga diduga pelaku pencurian Ternak warga itu, berawal dari laporan salah seorang pemilikternak (ZB) di Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar, pada Senin, 23 September 2019 (kemarin), bahwa dirinya telah kehilangan ternak sapinya sekitar awal September lalu.

“Dua tersangka warga Kecamatan Suka Makmur dan satu lainnya Warga Kuta Malaka,” Kata Kapolsek Alven, kepada wartawan di Mapolres setempat, Selasa (24/9/19).

Alven melanjutkan, laporan korban diduga pelaku mengarah kepada tersangka yang dimankan tersebut. Polisi mendaklanjuti laporan tersebut dengan cara mendatangi lokasi kandang ternak milik AT di Gampang Lam Geu Tuha Suka Makmur. Ternyata benar, ternak milik pelapor ada di lokasi tersebut bersama 11 ekor hewan ternak lainnya.

Saat ini baru dua ekor hewan ternak yang sudah jelas kepemilikannya berupa ternak Sapi usia 1,5 tahun dan 6 bulan. Sedangkan 8 ternak sapi dan dua ternak kerbau belum ada yang melaporkan kepemilikannya.

Kapolsek Alven, pada kesempatan itu juga menyebutkan Bersamaan dengan diamankan tiga yang diduga pelaku pencurian itu, turut diamankan 12 ekor ternak yang terdiri dari 10 ekor sapi dan dua ekor Kerbau berbagai umur dan juga satu unit mobil Pik Up Jenis missubishi dan sejumlah alat bukti lainnya.

Tersangka beserta ternak dan sejumlah barang bukti lainnya, kini diamankan di Mapolsek Kuta Malaka Aceh Besar. Sementara pelaku sedang dalam proses penyelidikan petugas terkait dugaan tersebut.

“Pelaku dan barang bukti sudah kita amankan dan pelaku sedang dalam proses pemeriksaan petugas,” sebut Alven.

Kecuali itu, Kapolsek Kuta Malaka ini juga menginformasikan kepada masyarakat Kabupaten Aceh Besar yang merasa kehilangan ternaknya berupa Sapi dan Kerbau untuk dapat melihat langsung ke Mapolsek setempat.

“Kepada masyarakat Aceh Besar bila ada yang merasa kehilangan ternak Sapi atau kerbaunya, silahkan melihat sendiri ke sini, bila benar silahkan dibawa pulang,” demikian pesan Alven. (Alan).

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close