AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Diknas Sinjai Gelar Bimtek Penguatan Literasi, Numerasi, dan Pendidikan Karakter

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Ratusan guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai diberi bimbingan teknis (Bimtek) penguatan literasi, numerasi, dan pendidikan karakter, Jumat (30/8/2024) di Aula Hotel Grand Rofina Sinjai.

Bimtek yang diikuti kurang lebih 300 guru, itu digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai.

Dalam kegiatan ini, mereka dibagi menjadi tiga gelombang dan akan berlangsung selama lima hari hingga 4 september 2024,

Kepala Disdik Sinjai yang diwakili Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Abdul Wahid mengatakan bimtek ini merupakan tiga hal yang saling melengkapi dalam membentuk generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan mampu menghadapi tantangan zaman.

“Melalui bimtek ini, kita akan bersama- sama menggali lebih dalam tentang konsep literasi, numerasi dan pendidikan karakter, serta bagaimana mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran”ungkapnya

“Saya yakin, dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari bimtek ini, kita akan mampu mencetak generasi emas yang unggul dan berdaya saing” jelasnya saat membuka kegiatan tersebut.

Bukan hanya itu, bimtek ini juga disampaikan Wahid sebagai sarana berbagi pengalaman karena akan ada praktik baik dari satuan pendidikan yang rapor pendidikannya sudah bagus.

Ia juga menambahkan, terkait penguatan literasi yang kini menjadi komponen utama dalam Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) yang menjadi pengganti ujian nasional.

Dalam AKM, Wahid menilai kemampuan siswa diukur berdasarkan kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi) dan penguatan pendidikan karakter.

“Asesmen tersebut dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan sekadar hafalan. Sehingga diharapkan lewat bimtek ini dapat memperkaya pengetahuan serta menyamakan visi dalam melakukan transformasi pendidikan”, Tutupnya. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button