AdvedtorialBone BolangoGorontaloPemerintahan

Dilantik Penjagub, Merlan Uloli jadi Bupati Perempuan Pertama di Gorontalo

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Merlan S. Uloli telah sah dan resmi menjadi bupati perempuan pertama di Provinsi Gorontalo. Pelantikan Merlan sebagai Bupati Bone Bolango sisa masa jabatan 2020-2025 dilakukan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Senin (15/1/2024).

Perempuan kelahiran 20 Mei 1965 itu sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati sejak 4 November 2023 usai pasangannya Hamim Pou mundur dari jabatan bupati. Ia akan menjabat hingga ada hasil Pilkada 2024.

Merlan Uloli diketahui berasal dari Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango. Ia merantau di Papua dan merintis karier ASN mulai dari honorer. 22 tahun karier birokrasinya ditutup sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura sebelum akhirnya menjabat Wakil Bupati Bone Bolango.

“Alhamdulillah ini merupakan sebuah kebanggaan bagi saya dan semua perempuan di Gorontalo dan Bone Bolango khususnya. Allah memberikan kita kepercayaan dan ternyata asumsi selama ini (perempuan tidak bisa jadi pemimpin) terpatahkan,” kata Merlan saat diwawancarai usai pelantikan.

Ia menilai pelantikan ini menjadi bukti bahwa perempuan Gorontalo bisa berkarier dan berbakti bagi daerah. Ia mengajak semua perempuan bergandengan tangan membangun daerah.

“Bersama sama bergandengan tangan membangun daerah ini. Bersama sama kita mengisi kemerdekaan ini, pembangunan ini dengan hal hal yang bisa kita kerjakan tapi punya dampak dan menolong masyarakat,” imbuhnya.

Adik mantan Wakil Gubernur Gorontalo periode 2010-2012, Tonny Uloli itu menilai pelantikan dirinya penting untuk Bone Bolango. Berstatus sebagai bupati definitif Merlan bisa lebih leluasa mengambil kebijakan dan menjalankan pemerintahan, pembangunan serta sosial kemasyarakatan.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button