DaerahLiterasiWajo

Dinas Kepustakaan Wajo Gelar Road Show Peningkatan Minat Membaca

BeritaNasional.ID, WAJO– Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, adalah sesuatu yang sangat memperihatinkan. Ini dapat dilihat dari 70 negara, Indonesia pada saat hari aksara sedunia menduduki peringkat ke- 62.

Masalah yang patut mendapat perhatian serius, karena peningkatan pemahaman literasi yang baik merupakan bagian pendidikan dan menjadi martabat sekaligus hak asasi manusia.

Untuk itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan memiliki ide menggelar Road show Pengembangan Kegemaran Membaca  di Sallo Hotel Sengkang, Minggu (21/11/2021).

Acara dihadiri Kepala UPT Perpustakaan mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulsel. Anggota DPRD Kab. Wajo, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan. Sekretaris Ikatan Perpustakaan Indonesia. Duta Literasi Digital Sulsel, serta  para peserta serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Amran Mahmud mengabarkan pengembangan literasi Pemkab sebelumnya telah bekerja sama dengan kementrian Kominfo terkait relawan pandu digital.

Selaku Bupati Wajo beliau berharap, kegiatan ini nantinya bisa bersinergi agar literasi digital di Wajo bisa cepat tersosialisasi dan massif.

Beliau pun menyampaikan agar para peserta road show, nantinya bisa menjadi corong, Pioneer terdepan dalam mengembangkan literasi digital dimasa industri 4.0

“Atas nama Pemda Wajo kami menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sulsel dengan adanya kegiatan seperti ini,” ucap Amran.

Sebagai bentuk dukungan, Amran pun mengaku akan merancang kegiatan kampanye, di tempat ke-arsipan. Agar ada magnet yang bisa menarik  minat baca anak-anak.

“Jadi  selain perpustakaan kita terpusat, akan ada juga museum kerajaan yang menjadi pusat belajar sejarah dan budaya Wajo,” cetusnya.

Untuk meningkatkan kegiatan ekonomi, di perpustakaan nanti juga akan ditunjang tempat kuliner dengan bekerja PKK Wajo.

“Karena kalau tempat tongkrongannya asyik, ada motivasi bagi anak-anak kita datang ke sana untuk membaca.”

Tidak akan maju daerah kalau minat bacanya kurang,  sebab kita perlu refrensi dan wawasan agar mampu bersaing, apalagi daerah Wajo kaya akan SDA,” pungkas Amran Mahmud.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button