Metro

Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Resmi Jalin Kerja Sama Dengan UNUGO

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango resmi menjalin kerja sama dengan Fakultas Maritim, Perikanan dan Kehutanan Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo (UNUGO).

Kerja sama ini tertuang dalam naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango, Sugondo Makmur, S.Pd, M.H dan Dekan Fakultas Maritim, Perikanan dan Kehutanan Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo, Supriatna, S.Hut M.Hut bertempat di Gedung PPI Inengo, Kamis (16/06/2022).

Rektor UNUGO, DR. Ridwan Tohopi mengatakan bahwa PKS ini terkait dengan pemanfaatan limbah ikan.

“PKS ini terkait dengan penanganan limbah atau bangkai ikan yang rusak yang kadang limbah ikan itu hanya terbuang begitu saja padahal bisa dimanfaatkan diolah menjadi pakan atau kerupuk ikan, “jelasnya.

Ridwan Tohopi yang saat ini juga menjadi Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir itu, mengungkapkan bahwa PKS ini merupakan tindak lanjut MOU antara Rektor UNUGO dengan Bupati Bone Bolango.

Sebagaimana tertuang dalam naskah Perjanjian Kerja Sama bahwa landasan PKS ini didasarkan Nota Kesepakatan Bersama antara Rektor UNUGO Nomor 407.A/KS.01.13/UNU.G/IX/2021 dengan Bupati Kabupaten Bone Bolango Nomor 180/KB/22/HKM-KS/IX/2021 tentang pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan pembangunan fakultas kedokteran hewan.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur mengatakan sangat bangga bisa melakukan kerja sama dengan UNUGO.

“Kami sangat bangga bisa kerja sama dengan perguruan tinggi seperti UNUGO. Karena salah satu tujuan diadakannya PKS ini adalah selain untuk pengembangan SDM melalui pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, tujuan PKS ini juga adalah untuk tindak lanjut pemanfaatan teknologi terapan bidang perikanan dan pemanfaatan sarana dan prasarana TPI Inengo dan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui program pelatihan pengolahan dan pembuatan pakan ikan, “bebernya.

Rencananya dalam pelaksanaan operasional Perjanjian Kerja Sama ini Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bobe Bolango Sugondo Makmur telah mempersilahkan pihak UNUGO untuk memanfaatkan sebuah bangunan kantor yang ada di PPI/TPI Inengo untuk di gunakan sebagai lokasi kegiatan yang sudah di sepakati dalam PKS. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button