Daerah

Dipercaya Menjadi Ketua Rumpun Ombonowulu, Muhiddin: Saya Akan Menyatukan Yang Tercecer

 

BeritaNasional.ID, BUTON TENGAH — Muhiddin S.Ag Kembali di daulat menjadi ketua serumpun Ombonowulu menggantikan Muhammad Syafei yang terpilih beberapa bulan lalu.

Pergantian dilakukan mengingat kesibukan Muhammad Syafei yang terlalu padat hingga sedikit melupakan amanah yang diembannya sebagai ketua rumpun.

Alhasil, pada tokoh adat, tokoh agama, para Saha dan pemerintah desa bersepakat untuk musyawarah dan melakukan penunjukan ketua rumpun yang baru.

“Jadi Pak Syafei ini mengundurkan diri sebagai ketua rumpun. Kemudian para tokoh adat, Saha dan pemerintah desa bersepakat untuk menggelar musyawarah untuk memilih ketua yang baru. Dalam musyawarah itu saya ditunjuk menjadi ketua untuk melanjutkan program ketua rumpun sebelumnya,” ucap Muhiddin saat ditemui siang tadi, Kamis (09/12/2021).

Sehingga dengan dipercayanya menjadi ketua serumpun masyarakat adat Ombonowulu, Muhiddin, akan berusaha menyatukan kembali masyarakat Watule dan masyarakat Bombonowulu.

“Tidak perlu lagi ada pengkotak-kotakan di tengah masyarakat. Karena masyarakat ini (Watulea dan Bombonawulu) adalah satu garis keturunan yang sama dan tidak bisa dipisahkan,” katanya.

Untuk itu, tambah Muhiddin, sekat yang mungkin pernah ada dan tumbuh dalam masyarakat selama ini. Akan segera dihilangkan demi kemajuan masyarakat adat serumpun Ombonowulu.

Sebab Masyarakat Adat serumpun Ombonowulu diyakininya memiliki karakteristik, identitas budaya yang sama. Serta ikatan batiniah yang kuat atas suatu ruang geografis tertentu sebagai rumah bersama.

“Karena memiliki itu semua, makanya kita harus menyatukan agar tidak bercerai berai. Tidak ada lagi yang namanya antara Bombonowulu dengan Watulea, Bombonowulu dengan Walando atau Watulea dengan Walando,” bebernya.

“Agar tidak ada lagi kalimat bahwa kami adalah warga ini dan itu. Pokoknya hanya satu bahwa kita adalah warga Lombe, Kecamatan Gu.  bersama kita bisa, bersatu kita kuat dan bersaudara kita rukun untuk lombe yang lebih baik lagi,” tandasnya (Win)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button